Keberadaan PKL di Siring Tendean Dikeluhkan UPTD, Satpol PP Banjarmasin Siap Tertibkan

0

KEBERADAAN pedagang kali lima (PKL) di kawasan wisata Siring Menara Pandang, Jalan Piere Tendean, dikeluhkan. Karena, lapak dagangan atau gerobak kerap menjorok ke bahu jalan.

PARA PKL ini memilih menggelar dagangan di luar area pagar kawasan Siring Tendean, setelah dipagari oleh Pemkot Banjarmasin karena menjadi zona terlarang.

Ternyata, pemagaran itu tak bisa membendung kebiasaan para PKL. Mereka pun menyiasati dengan berdagang di luar area pagar ke arah bahu jalan.

Saat libur panjang, hari libur keagamaan, nasional maupun akhir pekan (weekend), justru para PKL itu makin marak. Bahkan, jumlahnya kian banyak. Hal ini dikeluhkan warga pengguna jalan, karena sering memicu kemacetan di ruas jalan penghubung Jalan Pahlawan dengan Jalan Veteran itu. Ini belum lagi, sampah berserakan dari bekas plastik minuman dan makanan di kawasan destinasi andalan Kota Banjarmasin itu.

BACA : Wisatawan Susur Sungai Banjarmasin Kecewa Patung Maskot Bekantan Tak Lagi Semburkan Air

Kepala UPTD Pariwisata Banjarmasin (Siring Tendena) Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Banjarmasin, Naziza Muzhar mengakui sebenarnya ada larangan bagi PKL atau pedagang untuk menggelar lapak jualan baik di dalam atau luar pagar kawasan siring.

Naziza mengatakan sudah sudah beberapa kali mengingatkan para pedagang secara persuasif agar tidak berjualan di area sekitar yang telah dipasang zona larangan.

“Keberadaan mereka sudah sangat mengganggu. Sudah ada laporan dari warga. Petugas kami sudah mengingatkan secara persuasif kepada mereka,” kata Naziza kepada awak media, Senin (20/2/2023).

BACA JUGA : Sepanjang Tahun 2023 Diisi 42 Event, Forkot Banjarmasin Sebut Kesan Kuat Berfoya-Foya dengan APBD

Namun, kata Naziza, pihaknya tak bisa berbuat banyak, karena secara kewenangan untuk penertiban para PKL yang dianggap mengganggu ketertiban dan kenyamanan berada di tangan Satpol PP Kota Banjarmasin.

“Kami sudah jalin komunikasi dengan Satpol PP menyikapi keberadaan para PKL yang sudah dianggap mengganggu pengguna atau wisatawan. Namun, belum ada tindakan sampai sekarang,” kata Naziza.

Terpisah, Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (Tibum Tranmas) Satpol PP Kota Banjarmasin Hendra, mengakui pihaknya belum memantau kawasan Siring Tendean.

BACA JUGA : Hampir 3 Tahun Tutup Akibat Pandemi, Sapa Akhir Pekan Pasar Terapung Banjarmasin Dibuka Lagi

“Kami akan segera tindaklanjuti masukan ini. Sebab, saat pendampingan pemasangan pagar dengan pihak UPTD, sebenarnya sudah ada teguran kepada para pedagang,” kata Hendra.

Dia memastikan akan segera berkoordinasi dengan pimpinan, terutama kepala satuan untuk bertindak di lapangan. “Kami pantau dulu dan melaksanakan patroli di kawasan itu, sebelum mengambil tindakan karena menunggu arahan dari Kepala Satpol PP Kota Banjarmasin,” imbuh Hendra.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/02/20/keberadaan-pkl-di-siring-tendean-dikeluhkan-uptd-satpol-pp-banjarmasin-siap-tertibkan/
Penulis Fery Oktavian
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.