Kekaguman Anies Baswedan Pada Falsafah Hidup Urang Banjar

0

CALON presiden dari Partai NasDem, Anies Rasyid Baswedan merasa kagum pada falsafah Urang Banjar. Kekaguman itu tampak terlihat saat dirinya mengunjungi Pasar Terapung Lok Baintan, Sungai Martapura, Kalimatan Selatan, Jumat (17/2/2023).

SAAT Anis dan rombongan menyusuri Sungai Martapura, dia mengaku kagum dengan falsafah hidup Urang Banjar dalam menjaga sungainya yang menurutnya sangat menginspirasi.

Pada kesempatan itu, Anies berdialog sambil sesekali melempar senyum hangat kepada masyarakat dan Acil Jukung (pedagang Pasar Terapung) yang didominasi kaum ibu.

BACA: Anies Baswedan Hadiri Sejumlah Agenda, Polda Kalsel Hanya Berlakukan Pengamanan Biasa

Anies melihat langsung bagaimana para Acil Jukung berlomba menawarkan dagangannya, sambil melakukan atraksi Jukung Barenteng membentuk formasi unik dari rangkaian puluhan sampan yang lebih dikenal dengan istilah jukung.

“Pasar Terapung ini sudah berlangsung sejak ratusan tahun lalu. Budaya Banjar memang identik dengan kehidupan sungai,” kata Anies.

Anies menyatakan agenda utama dari silaturahmi kebangsaan sendiri yakni politik suka cita, di mana bisa berinteraksi secara langsung dengan masyarakat. Tak ayal para Acil Jukung tampak begitu bersemangat menyambut kedatangan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

BACA JUGA: Dialog Kebangsaan HMI/KAHMI Kalsel, Anies Baswedan: Jaga Solidaritas

Selain kagum dengan kegigihan para Acil Jukung, Anies juga kagum dengan rumah-rumah di bantaran Sungai Martapura yang menghadap ke sungai. “Mereka tidak menjadikan sungai bagian belakang rumah, tetapi jadi beranda rumah. Masyarakat Banjar sangat menjaga sungainya sebagai bagian dari kehidupannya,” kata Anies.

Pada kesempatan itu Anies didampingi Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Kalsel, H Mansyur beserta jajaran dan pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Parta NasDem, di antaranya Willy Aditya, Charles Meikyansah, Fauzi Amro, dan Jakfar Siddik.

Selain berdialog, para pedagang yang ada di Pasar Terapung juga berbalas pantun dengan Anies Baswedan yang merupakan bentuk dukungan dari masyarakat Kalimantan Selatan kepada Anies Baswedan.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.