Diisi Ziarah, Dialog dan Ngopi, Kedatangan Anies Baswedan ke Kalsel Dilarang Berbau Kampanye

0

BAKAL calon Presiden (Capres) RI usungan Partai Nasional Demokrat (NasDem) disokong PKS dan Partai Demokrat, Anies Rasyid Baswedan diagendakan akan bertandang ke Kalsel pada 15-16 Februari 2023.

BERDASAR jadwal, mantan Gubernur DKI Jakarta ini pada Rabu (15/2/2023), tiba di Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru pada pukul 10.00 Wita.

Pada pukul 11.00 Wita, meninjau dapur umum Himalaya (dikoordinir istri Ketua DPW Partai NasDem Kalsel H Mansyur) dan pukul 12.00 Wita, temu akbar di Stadion Mini Barakat Martapura dan pukul 15.00 Wita, ziarah ke makam Datu Kelampayan, Astambul dan shalat Maghrib di Masjid Agung Al Karomah Martapura pada pukul 18.41 Wita. Kemudian, berlanjut ke Banjarmasin, untuk ngopi di Kota Lama Bandarmasih Tempo Doeloe, Jalan Hasanuddin HM.

Besoknya, Kamis (16/2/2023), Anies Baswedan pada pagi hari pukul 06.00 Wita, diajak ke Pasar Terapung Lok Baintan dan berlanjut ziarah ke makam Sultan Suriansyah di Kuin Utara, Banjarmasin.

BACA : Datangkan Capres Anies Baswedan ke Kalsel, NasDem Siapkan Agenda Padat, Ini Rencananya!

Usai ziarah, Anies Baswedan jadi narasumber dialog kebangsaan HMI di Hotel Banjarmasin Internasional (HBI) pada pukul 09.30 Wita. Agenda berikutnya, ziarah ke makam Habib Basirih dan shalat Zuhur di Masjid Noor Banjarmasin. Siangnya, makan soto Banjar Bang Amat di Banua Anyar.

Rencana kedatangan Anies Baswedan ke Banua, terkonsentrasi di Banjarmasin, Banjarbaru dan Martapura (Kabupaten Banjar) diingatkan Ketua Bawaslu Provinsi Kalsel, Azhar Ridhanie agar tetap mengikuti aturan.

“Kami ingatkan agar tak bertentangan dengan PKPU Nomor 33 tahun 2018 tentang Kampanye Pemilu dan PKPU Nomor 9 Tahun 2022 tentang Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu dan Pilkada,” kata Azhar Ridhanie kepada jejakrekam.com, Selasa (7/2/2023).

BACA JUGA : Petakan Kekuatan Politik, NasDem Gelar Rakorwil se-Kalsel

Menurut Aldo, sapaan akrab komisioner muda ini, terpenting dalam agenda kedatangan Anies Baswedan telah mendapat izin.

“Soal izin bukan kewenangan kami. Namun, ketika kedatangan Anies Baswedan difasilitasi parpol (NasDem) yang jadi peserta Pemilu 2024, tentu mengandung unsur kampanye. Ini jelas diatur dalam Pasal 25 ayat (1) PKPU Nomor 33 Tahun 2018 ,” tutur mantan Ketua HMI Kalsel ini.

Aldo menegaskan jika kedatangan Anies Baswedan ke Kalsel mengandung unsur atau berpotensi kampanye, maka parpol yang jadi fasilitator bisa melanggar tata cara, prosedur dan mekanisme.

BACA JUGA : Usai Tugas Gubernur DKI Jakarta, Sobat Anies Kalsel Dukung Anies Baswedan Jadi Presiden RI

“Dalam ini, tentu Bawaslu berwenang untuk menerima laporan dan/atau menemukan adanya dugaan pelanggaran. Sebab, Bawaslu berwenang mencegah pelanggaran pemilu. Termasuk, merekomendasikan jika ada pelanggaran hukum pidana, administrasi dan etik. Sebab, parpol juga dilarang untuk berkampanye di luar masa kampanye,” tegas Aldo.

Ketua Bawaslu Provinsi kalsel, Azhar Ridhanie alias Aldo. (Foto Istimewa untuk JR)

Dia menegaskan parpol peserta pemilu hanya diperbolehkan menjalankan aktivitas sosialisasi dan pendidikan politik yang dilaksanakan secara internal. Termasuk, pemasangan bendera dan pertemuan di ruangan tertutup.

“Sebelum acara digelar, paling lambat satu hari harus memberitahukan kegiatan itu kepada KPU dan Bawaslu,” katanya.

BACA JUGA : 3 Baliho NasDem dan Anies Baswedan Dirusak, Partai NasDem Lapor ke Polres Batola

Berdasar agenda, Anies Baswedan yang akan mengikuti shalat di sejumlah masjid di Banjarmasin dan Martapura, diingatkan Aldo agar tidak membawa materi sosialsiasi apalagi kampanye di tempat ibadah.“Kalau hanya shalat, silakan saja,” pungkas Aldo.

Sebelumnya, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel H Muhammad Tambrin telah mengeluarkan surat imbauan kepada pengelola masjid, langgar, mushalla dan tempat pendidikan agama bernomor 17/Kw.17.1/BA.02/1/2023, demi menjaga netralitas agar tak dimanfaatkan jadi wadah kampanye atau sosialisasi dari peserta Pemilu pada tahun politik 2023 dan 2024.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.