Jawab Keluhan Pengguna, Kerusakan Jalan di Ujung Jembatan Pangulu Iban Muara Teweh Segera Dicor Beton

0

KERUSAKAN cukup parah di ruas jalan menuju Kelurahan Jambu, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, dikeluhkan warga pengguna jalan.

TITIK kerusakan itu ditemukan di ujung Jembatan Pangulu Iban berada di Jalan Panglima Batur, Muara Teweh. Sebuah jembatan termegah di wilayah daerah aliran Sungai Barito (DAS) ­­dibangun berbiaya Rp 107,4 miliar merupakan akses penghubung Kelurahan Jambu ke Kelurahan Jingah, pusat Kota Muara Teweh.

“Ruas jalan ini juga sering terendam jika banjir melanda akibat luapan air sungai atau tingginya curah hujan. Kondisi permukaan tanah menjadi labil dan bergelombang, sehingga bisa membahayakan pengguna jalan,” kata Rahmadi, warga Muara Teweh kepada jejakrekam.com, Kamis (16/2/2023).

BACA : Dinamai Penghulu Iban, Jembatan Muara Teweh Jingah Diresmikan

Menurut dia, kondisi jalan yang rusak parah itu hanya bisa dilintasi kendaraan roda, apalagi sebagian diuruk dengan tanah merah yang sewaktu-waktu licin dan becek begitu kena hujan.

Hartini, warga Muara Teweh juga berharap agar pemerintah daerah bisa segera memperbaiki titik kerusakan di ruas jalan demi kenyamanan pengendara.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Barito Utara, Muhammad Iman Topik merespons keluhan pengguna jalan.

“Titik kerusakan di ruas jalan itu dalam penanganan perbaikan dengan tindakan penimbunan tanah dengan ketinggian 1,5 meter. Untuk memperkuat badan jalan juga dilaksanakan pemadatan,” kata Iman Topik.

BACA JUGA : Masuk Ruas Jalan Kota Muara Teweh, Truk Angkutan Material Diwajibkan Sudah Bersih

Mantan Kabag Humas dan Protokol Setdakab Barito Utara ini memastikan perbaikan ruas jalan itu menggunakan metode rigid pavement atau pengecoran dengan semen beton diperkuat tulangan besi untuk alasnya.

“Bagian kiri ruas jalan itu akan dibuat turap beton. Untuk sumber dananya menggunakan anggaran dana unit pemeliharaan rutin di Dinas PUPR Barito Utara,” kata Iman.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.