Dinamai Penghulu Iban, Jembatan Muara Teweh Jingah Diresmikan

0

JEMBATAN penyeberangan yang menghubungkan Kota Muara Teweh-Kelurahan Jingah secara resmi diberikan nama Jembatan Penghulu Iban dan sekaligus diresmikan pemakaiannya oleh Bupati Barito Utara, H Nadalsyah, Kamis (2/12/2021).

ACARA pemberian nama dan peresmian jembatan penyeberangan Muara Teweh-Jingah dilaksanakan di Water Front City, yang juga dihadiri Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, dan Ketua DPRD Barito Utara Hj Mery Rukaini.

Turut berhadir dalam undangan, Wakil Ketua II DPRD Provinsi Kalteng H Jimmy Carter, Sekretaris Daerah Drs Muhlis, anggota DPRD, unsur FKPD, serta tokoh agama dan masyarakat.

BACA: Ambil Nama Tokoh Masyarakat Jembatan Muara Teweh Diresmikan Besok

Jembatan yang dibangun dengan total anggaran sebesar Rp 104.764.990.000, dibangun sejak tahun 2015. Dengan bentang 418,21 meter dan lebar 5 meter, serta bentang tengah 120 meter telah lulus uji test pada tanggal 23 Oktober 2020.

Diberi nama salah satu tokoh masyarakat di Kelurahan Jambu. Dikenal sebagai Pangulu Iban bin Nafi bin Haji Muhammad Najib, lahir pada tahun 1901 dan wafat pada tanggal 9 Juni 1979. Pangulu/Penghulu Iban dimakamkan di Alkah Keluarga di Juking Hara Kelurahan Jambu.

Bupati Barito Utara, H Nadalsyah, mengucapkan terima kasih atas nama pribadi dan pemerintah daerah serta kepada DPRD yang telah mendukung dalam penganggaran pembangunan jembatan sekaligus pemberian nama jembatan.

PERESMIAN: Jembatan yang menghubungkan Kota Muara Teweh-Jingah dan Jambu, diresmikan dan diberi nama Jembatan Penghulu Iban.

Bupati H Nadalsyah juga berharap agar Jembatan Pangulu Iban nantinya mampu meningkatkan roda perekonomian masyarakat, dimana akses jembatan adalah salah satu aspek yang memangkas jarak yang ditempuh dari Muara Teweh-Jingah dan Jambu.

Menurutnya, dengan diresmikannya jembatan, maka asyarakat Jingah-Jambu akan lebih dekat ke kota Muara Teweh untuk melakukan kegiatan perekonomian dan lainnya dengan memangkas jarak 12 KM apabila melewati jalan memutar.

“Kepada semua pihak untuk dapat menjaga jembatan yang juga merupakan ikon Barito Utara,” kata Koyem panggilan akrab H Nadalsyah.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2021/12/02/dinamai-penghulu-iban-jembatan-muara-teweh-jingah-diresmikan/,https://jejakrekam com/2021/12/02/dinamai-penghulu-iban-jembatan-muara-teweh-jingah-diresmikan/#:~:text=JEMBATAN penyeberangan yang menghubungkan Kota 2/12/2021)
Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.