Masuk Indeks Cukup Sehat, Sekda Banjarmasin Genjot Birokrasi Pegawai Lewat Core Value Berakhlak

0

RODA birokrasi kepegawaian yang telah dijalankan Pemkot Banjarmasin masuk dalam kategori cukup sehat berdasar penilaian dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

HASIL indeks cukup sehat dari penilaian Kemenpan-RB ini diungkap Sekda Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman saat sosialisasi core value ASN Berakhlak di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin, Senin (6/2/2023).

Menurut dia, dari internalisasi core value ASN akan terjadi peningkatana peran aparatur pada 10 signifikan sebagai roda penggerak birokrasi yang dinamis melalui peningkatan sumber daya manusia (SDM).

“Untuk itu, ke depan Pemkot Banjarmasin menargetkan bisa meraih kategori tertinggi yakni sehat,” kata mantan Kepala Inspektorat Pemkab Tanah Bumbu ini.

BACA : Belanja Pegawai Pemkot Banjarmasin Naik, Pengamat: Tak Etis di Tengah Pandemi

Ikhsan mengingatkan agar seluruh pegawai Pemkot Banjarmasin bisa menerapkan Core Value Berakhlak. Yakni, (Ber)orientasi pada pelayanan, (A)kuntabel, (K)ompetens, (H)armonis, (L)oyal, (A)daptif, (K)olaboratif.

“Itu yang jadi penilaian dari Kemenpan-RB. Dari beberapa komponen yang jadi penilaian, mana yang perlu diperbaiki dan mana yang sudah bagus. Jika perlu ditingkatkan,” ucap Ikhsan.

Dia mengungkapkan indeks penilaian yang jadi acuan Kemenpan-RB itu berdasar beberapa koresponden pegawai di lingkungan pemerintah kota. “Kalau sudah masuk kategori cukup sehat, maka pemerintah kota harus bisa mencapai tertinggi yakni sehat,” tegas Ikhsan.

BACA JUGA : Absen Sidik Jari Pegawai Pemkot Banjarmasin Kembali Berlaku, Ibnu: Agar ASN Disiplin

Dari indeks penilaian itu, Ikhsan mengatakan sumber daya, kinerja dan penunjang lainnya di lingkungan Pemkot Banjarmasin harus sudah bisa masuk kategori sehat.

“Penerapan core value Berakhlak ini sudah disampaikan ke seluruh satuan kerja perangkat kerja (SKPD). Ini menjadi dasar bagi seluruh pegawai pemerintah kota untuk berorientasi pada pelayanan kepada masyarakat secara profesional dan bertanggungjawab,” imbuh Ikhsan.(jejakrekam)

Penulis Ferry Oktavian
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.