Diawali Tapung Tawar, Walikota Ibnu Sina Hibahkan Mobil Ambulans ke YKI Banjarmasin

0

SATU unit ambulans lengkap dengan fasilitas medis laiknya ‘ruang rawat bergerak’ disumbang Walikota Ibnu Sina kepada Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Banjarmasin.

PENYERAHAN mobil operasional akan digunakan YKI Kota Banjarmasin dalam penyuluhan deteksi dini bahaya kanker rahim dan payudara di lobby Balai Kota Banjarmasin, Rabu (7/12/2022).

Sebelum dipakai, Walikota Ibnu Sina menyempatkan memberi tapung tawar sesuai tradisi masyarakat Banjar pada unit ambulans. Dengan memercikkan air yang telah dicampur dengan minyak likat baboreh memiliki wangi khas serta bunga rampai ke mobil yang dilengkapi beragam fasilitas itu.

Usai Walikota Banjarmasin, giliran Ketua Umum YKI Pusat, Prof Aru Wisaksono Sudoyo ikut pula memercikkan air dan minyak wangi ke ambulans. Mobil khusus ini akan digunakan YKI Kota Banjarmasin yang diketuai dr Hj Siti Wasilah yang merupakan istri Walikota Ibnu Sina.

BACA : Dilantik Ibnu, Siti Wasilah Resmi Jabat Ketua Yayasan Kanker Indonesia Cabang Banjarmasin

“Kami hibahkan satu unit mobil ambulans untuk YKI Kota Banjarmasin. Nantinya, mobil ini bisa digunakan YKI untuk penanganan para pengidap kanker. Selain itu juga bisa dioperasionalkan untuk mobil penyuluhan bahayanya kanker,” ucap Walikota Ibnu Sina kepada awak media, Rabu (7/12/2022).

Menurut dia, dengan hadirnya ambulans ini bisa lebih efektif dalam penyuluhan kepada masyarakat tentang bahayanya beragam kanker, terkhusus kanker rahim dan payudara yang kerap mengancam para wanita.

BACA JUGA : Tak Perlu Keluar Daerah, RSUD Ulin Hadirkan Terapi Radiasi untuk Pengobatan Kanker

“Mobil ambulans ini juga bisa dipakai untuk penanggulangan atau pengobatan pertama bagi penderita kanker sebelum dirujuk ke rumah sakit. Jadi, mobil ambulans ini bisa berkeliling ke pemukiman penduduk yang ada di Kota Banjarmasin,” kata mantan anggota DPRD Kalsel dari Fraksi PKS ini.

Menurut Ibnu Sina, mencegah lebih baik daripada mengobati bisa lebih efektif dalam mendukung gerakan YKI Kota Banjarmasin terhadap penyuluhan, deteksi dini kanker rahim hingga penanganannya. “Sebab, masalah kesehatan menjadi tanggungjawab negara, khususnya Pemkot Banjarmasin,” tegas Ibnu Sina.

BACA JUGA : Hadir Di Banjarmasin, Siloam Hospital Kembangkan Pelayanan Kanker

Penyerahan hibah satu unit ambulans ke YKI Kota Banjarmasin juga dibarengkan dengan seminar awam dengan pembicara Prof Aru Wisaksono Sudoyo yang juga Penasihat Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dokter onkologi yang berpraktik MRCCC Siloam Hospitals Semanggi mengupas untuk cegah kanker paru dan stok merokok sedari dini. Narasumber lainnya adalah Dr Hj Siti Wasilah yang merupakan Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Banjarmasin soal kanker rahim dan payudara.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.