Target Bisa Rebut 11 Kursi DPRD Kalsel, PKB Helat Open Recruitment Bacaleg Pemilu 2024

0

TARGET 11 kursi parlemen di DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menerapkan open recruitment (pendaftaran terbuka) bagi bakal calon legislatif (bacaleg) pada Pemilu 2024 mendatang.

PENGUMUMAN open recruitment ini telah dipasang di depan kantor DPW PKB Kalsel di Jalan Sultan Adam, Banjarmasin yang diluncurkan Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP).

Dalam poster pengumuman itu juga dicantumkan barcode aplikasi yang bisa dituju para peminat termasuk persyaratan umum lainnya dari parpol yang dibesut Muhaimin Iskandar ini.

“Ya, open recruitment ini merupakan strategi PKB sebagai parpol terbuka. Bahkan, kami membuka bagi bakal caleg non muslim. Ini sesuai persyaratan umum dalam UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017,” ucap Wakil Ketua DPW PKB Kalsel Dirham Zain kepada jejakrekam.com, Minggu (27/11/2022).

BACA : Incar Tiga Besar Pemilu 2024, DPW PKB Kalsel Optimis Capai Target

Menurut dia, label PKB sebagai parpol yang didirikan tokoh ormas Islam Nahdlatul Ulama (NU) KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang selama ini melekat, sudah lawas bertransformasi.

“Makanya, PKB sebagai parpol terbuka. Artinya, dalam kepengurusan partai dan rekrutmen caleg tentu boleh dari non muslim,” ucap Ketua Bidang Riset dan Pengembangan DPW PKB Kalsel ini.

Menurut Dirham, dalam menghadapi Pemilu 2024, tentu PKB punya target bisa merebut 11 kursi di DPRD Provinsi Kalsel, termasuk 3 kursi parlemen di DPR RI.

BACA JUGA : Gerindra dan PKB Bertemu, Nama Zairullah Disebut Figur Kuat di Pilgub Kalsel

“Namun, target itu tentu ada pula namanya optimistis bisa merebut 9 kursi. Kemudian, target realistisnya adalah 7 kursi dari 7 daerah pemilihan (dapil) di Kalsel pada Pemilu 2024. Inilah mengapa kebijakan pendaftaran bacaleg terbuka ini diterapkan PKB,” tegasnya.

Koordinator Staf Khusus Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar ini mengatakan PKB sebagai parpol papan menengah ke atas secara nasional, bahkan termasuk di Kalsel, tentu sudah punya strategi pemenangan Pemilu 2024.

BACA JUGA : Akomodir Keterwakilan Perempuan, PKB Tebar Optimisme Papan Atas di Pemilu 2024

“Memang berdasar hasil survei dari sejumlah lembaga survei menempatkan PKB sebagai parpol papan menengah ke atas. Artinya, posisinya itu berada di tiga atau lima besar nasional,” tutur Dirham.

Yang pasti, kata Dirham, ketika para peminat memutuskan untuk mendaftarkan diri sebagai bacaleg di PKB, otomatis harus menjadi anggota partai.

“Inilah mengapa kami mengajak putra-putri terbaik di Kalsel untuk bisa memanfaatkan kesempatan open recruitment ini. Sebab, PKB memberi ruang bagi warga Banua terbaik untuk bisa berkiprah turut membangun dan membesarkan partai,” pungkas Dirham.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.