Giatkan Tradisi Jemur Tilam di Bawah Terik Matahari, DPRD Banjarmasin Salurkan Paket Bantuan ke Warga Terdampak Skabies

0

PENYAKIT kulit berupa gatal-gatal dan mengeluarkan nanah pada ruam dialami warga Alalak Utara RT 07 dan RT 08, diduga erat kaitannya dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

BEBERAPA bulan belakangan, penyakit kulit skabies atau kudis yang melanda warga RT 07 dan RT 08 Kelurahan Alalak Utara ditengarai juga terpicu pasca banjir yang beberapa kali melanda pemukiman padat penduduk di Kecamatan Banjarmasin Utara.

Tradisi untuk hidup lebih sehat dan bersih kembali digalakkan dengan cara menjemur kasur, bantal dan guling di bawah terik mentari kembali dihidupkan.

Kami menghidupkan kembali tradisi untuk menjemur peralatan tidur di bawah matahari yang panas. Ini demi bisa membunuh kuman, tungau atau lainnya yang menjadi penyakit skabies,” ucap Ketua RT 07 Kelurahan Alalak Utara, Muhammad Yani kepada jejakrekam.com, Senin (21/11/2022).

BACA : Sempat Jadi Wabah, Kini Penderita Skabies di RT 07 dan RT 08 Alalak Utara Berangsur-angsur Pulih

Menurut dia, sebenarnya tradisi untuk sterilisasi peralatan tidur seperti bantal, kasur, guling dan lainnya di bawah sengatan matahari sangat baik.

“Terbukti ketika peralatan tidur lebih terjaga kebersihan, karena juga rutin dijemur di bawah matahari cukup efektif mengurangi dampak penyebaran penyakit skabies,” kata Yani.

Kegiatan DPRD Kota Banjarmasin ini juga didukung Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin yang menerjunkan para petugas untuk mengedukasi warga dua RT tersebut. Bahkan, Wakil Ketua DPRD Banjarmasin Tugiatno bersama Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin dimotori sang ketua, Saut Nathan Samosir pun menyalurkan bantuan ke warga terdampak.

BACA JUGA : Puluhan Warga Alalak Utara Diserang Skabies, Kepala Dinkes Banjarmasin Sebut Akibat Lingkungan Tak Sehat

Wakil Ketua DPRD Banjarmasin Tugiatno mengajak agar warga rutin menjemur kasur, bantal dan guling minimal seminggu sekali guna mencegah penyebaran penyakit kudis.

“Kami berharap paket bantuan itu bisa digunakan masyarakat Alalak Utara yang beberapa bulan ini terserang penyakit kudis atau skabies. Jadi, memang penting menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat,” ucap Ketua Komisi III DPRD Kota Banjarmasin, Saut Nathan Samosir.

DPRD Kota Banjarmasin menyalurkan bantuan berupa paket kesehatan seperti handuk dan sabun mandi kepada warga RT 07 dan RT 08 Alalak Utara. Mereka pun meminta agar untuk menjaga kebersihan lingkungan masing-masing agar kejadian serupa tak terulang lagi.

BACA JUGA : Keluhkan Kulit Gatal-Gatal, Relawan Eco Enzyme Nusantara Semprot Kawasan Pekapuran Raya

“Khusus warga maupun anak-anak sekolah yang terjangkit penyakit skabies khususnya infeksi berat, untuk sementara waktu memang mengikuti pembelajaran secara daring dari rumah,” tutur Yani.

Dari kegiatan PHBS itu, Yani menyebut sejumlah warganya yang sempat terjangkit penyakit skabies sudah berangsur-angsur pulih, bahkan sudah dinyatakan sembuh oleh petugas Dinkes Kota Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.