Dibuka Selama 5 Hari, Even CKB 2022 Beri Ruang bagi Pelaku Ekonomi Kreatif Banjarmasin

0

BERLANGSUNG selama lima hari pada 16-20 November 2022, Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Banjarmasin menggelar Cangkurah Kreatif Banjarmasin  (CKB) 2022 di Siring Menara Pandang, Jalan Piere Tendean, Banjarmasin.

BERKOLABORASI dengan Forum Ekonomi Kreatif Banjarmasin, ajang yang menampilkan seni dari para pelaku ekonomi kreatif dari 17 subsektor ini dibuka Walikota Ibnu Sina, Rabu (16/11/2022).

“Cangkurah Kreatif Banjarmasin (CKB) 2022 ini bertujuan untuk membuka seluas-luasnya kesempatan bagi para pelaku ekonomi kreatif, komunitas dan masyarakat guna unjuk kreativitas agar geliat roda perekonomian Banjarmasin semakin membaik,” ucap Walikota Ibnu Sina.

Dia mengakui CKB 2022 dihelat untuk kegiatan tutup tahun, sehingga bisa menampilkan seluruh aspek pengembangan subsektor ekonomi kreatif yang ada di Banjarmasin.

BACA : Pentingnya Pelaku Ekonomi Kreatif di Banjarmasin Sadar soal Hukum Hak Cipta

“Even CKB 2022 ini pertama kali digelar, sehingga seluruh sudut kota bisa jadi ruang kreasi, ruang kolaborasi dan ruang budaya. Sekali lagi, ini demi menggiatkan pariwisata dan ekonomi kreatif yang saling bersinergi,” tutur Ibnu Sina.

Mantan anggota DPRD Kalsel ini memastikan CKB 2022 akan menjadi even tahunan yang digelar Pemkot Banjarmasin. Hal ini demi menggenjot dunia pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Banjarmasin.

“Untuk itu, saya minta agar bisa diinventarisir baik dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) termasuk kelompok masyarakat atau komunitas yang ikut, ketika menjadi kalander even Banjarmasin pada 2023 mendatang,” beber Ibnu Sina.

BACA JUGA : Pameran AKI 2022 Digelar, Ibnu Sina: Bersinergi Bersama Kementerian Menuju Ekonomi Kreatif

Saat pembukaan CKB 2022 ini, Wakil Walikota Arifin Noor bersama Sekda Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman serta Kepala Disbudporapar Kota Banjarmasin, Iwan Fitriady beserta sejumlah pimpinan SKPD terkait turut menghadiri.

Sementara itu, Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Kalimantan Selatan juga ikut even CKB 2022 di Siring Menara Pandang.

Ketua I Bidang Pendidikan dan Profesi IAI Kalsel, Akbar Rahman mengatakan stand yang dibuka organisasinya ini menawarkan konsultasi desain rumah tinggal dengan arsitek berpengalaman dan bersertifikat.

BACA JUGA : Mana Gerbang Kota di Trisakti? Pulau Bromo Bisa Disulap Jadi Pusat Ekonomi Kreatif

“Jadi, jangan lewatkan kesempatan langka ini. Sebab, even CKB jadi wahana bagi IAI Kalsel dalam mengabdikan diri khususnya dalam bidang perencanaan kota dan bangunan gedung,” ucap Koordinator Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat (ULM) ini.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.