Pameran AKI 2022 Digelar, Ibnu Sina: Bersinergi Bersama Kementerian Menuju Ekonomi Kreatif

0

APRESIASI Kreasi Indonesia (AKI) yang merupakan program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) menggelar Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia 2022 dan Talkshow Bicara Apresiasi, di Atrium Duta Mall Banjarmasin, Selasa (12/7/2022) 

HARI kedua Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia 2022, dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina beserta jajaran SKPD terkait, dan mantan pemain bulu tangkis Indonesia nomor ganda putri Greysia Polii. Kehadiran Greysia Polii untuk berbagi pengalamannya mengenai karirnya dalam dunia bisnis, khususnya bisnis sepatu. 

Dalam Pameran AKI ini, Kemenparekraf mengajak seluruh pelaku ekonomi kreatif di Indonesia untuk menunjukkan pesona produk dengan kearifan lokal daerah masing. 

Kegiatan AKI 2022 ini adalah yang kedua kalinya. Sebelumnya, Kemenparekraf juga telah menyelenggarakan AKI pada 2021 lalu di 16 kabupaten/kota se-Indonesia. “Tentunya hal ini akan menopang transisi Kalimantan Selatan dari ekonomi ekstraktif menuju ekonomi kreatif,” ujar Sandi usai kegiatan Talkshow Bicara Apresiasi bersama Greysia Polii. 

BACA: Menparekraf Sandiaga Uno Lihat Potensi Wisata Bahari Kotabaru Lebih Menjanjikan

Mantan Cawapres RI ini mengatakan, kegiatan ekonomi kreatif ini tentunya akan dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru. Pihaknya juga berkeinginan untuk menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Sementara itu, untuk di tahun 2024, diharapkan bisa menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru. 

“Tadi disampaikan energi baru terbarukan dan kegiatan ekonomi yang terbarukan ini secara transformatif akan mampu menciptakan lapangan kerja. Kita ingin menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dan kita ingin di 2024 nanti tercipta 4,4 juta lapangan kerja baru,” tambahnya. 

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, berharap, kegiatan ekonomi kreatif ini merupakan sebuah optimisme dan harapan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). 

Ia memastikan, Pemkot Banjarmasin sudah bersinergi baik bersama pemerintah provinsi maupun kementrian terkait pengembangan ekonomi kreatif ini. 

“Kota Banjarmasin sudah bersinergi terkait dengan pengembangan ekonomi kreatif dengan pemprov maupun kementrian. Bahkan kita punya program Wirausaha Baru Mandiri (WUM) dan ada pemodalan seperti program BAHUMA,” imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis Ummu Hani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.