Pacu Semangat Bergerak Kembali Antarkan Prestasi Atlet Banua di Pra Popnas Zona III 2022

0

MENYAKSIKAN langsung Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang familiar dipanggil Paman Birin ini menonton partai final Pra Popnas cabang pencak silat yang mempertemukan pesilat Kalsel Rivan melawan Abu Sofyan, pesilat Banten.

TERLIHAT sekali wajah Paman Birin serius dan tegang sembari menarik napas, melepas napas pelan-pelan seperti menyalurkan energi kepada Rivan. Terbukti, atlet Kalsel itu akhirnya mampu menyumbangkan medali emas ke-9 bagi kontingen Pra Popnas Zona III 2022, dan menduduki ranking ke-3 setelah Jawa Tengah dan Bali  (di urutan ke-1 dan ke-2). Sebanyak 16 pesilat pelajar Kalsel lolos Popnas 2023. 

Energi dan semangat Paman Birin yang diketahui punya kompetensi pemegang sabuk Dan Hitam sebelum menjadi Gubernur, juga Ketua IPSI Kalsel. Sebagai seorang yang paham bagaimana seorang atlet berlaga di event sebesar Popnas, maka Paman Birin pun terus memberikan motivasi agar para atlet pelajar Banua bisa meraih prestasi yang membanggakan. 

BACA : Diiikuti 1.800 Atlet Berlaga 8 Cabor Dari 7 Provinsi, Pra Popnas Zona III 2022 Resmi Dibuka Paman Birin

Begitu juga dengan para pelatih dan pengurus cabang olah raga bahu-membahu berjuang untuk meraih prestasi, terlebih sering ikut pertandingan di setiap kejuaraan baik bertarap lokal, regional, nasional maupun internasional.

Dilema atlet kita dan pengurus cabang olahraga seringkali terkendala masalah pendanaan. Hal ini ditepis oleh Paman Birin dengan kata-kata yang sering terlontar di setiap pertemuan non formal adalah gotong-royong dan semampunya. 

BACA JUGA : Bina 42 Cabor, KONI Banjarmasin Target Pertahankan Juara Umum Porprov Kalsel 2022

Beliau mencontohkan masa kecil ketika almarhum ayahnya, Hilmi, mendidik dan membina belajar kuntaw di Kampung Sungai Jingah, di hutan kecil pohon rumbia dengan penerangan lampu stromking (berbahan bakar minyak tanah dan sumbu minyak spiritus). Berlatih tekun dan rajin, sehingga akhirnya ketika tumbuh dewasa Paman Birin mudah beradaptasi dengan namanya belatih karate dan raih sabuk hitam.

Tak salah jika ia dipercaya menjadi Ketua IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) Kalsel. Seni bela diri kuntaw juga hampir mirip dengan seni bela diri pencak silat. “Coba banyangkan masalah fasilitas apa adanya dan menu makan tidak teratur bisa meraih semua itu,” kata Paman Birin mengenang masa lalunya sambil memberi semangat pada kawan-kawannya yang ingin meraih prestasi pada olah raga dan yang mengurusi olahraga.

BACA JUGA : Gagal Tuan Rumah PON 2024, Sport Center Sudah Tidak Prioritas Lagi

Waktu itu, saya jadi pengurus KONI di bawah kepemimpinan H Abdussamad Sulaiman HB dan Sekretaris Pelti Kalsel, sembari bercanda mengucap “Wardi ai” kepada penulis. 

Sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi dalam bulan ini diraih tidak hanya selaku tuan rumah MTQ nasional XXIX, tapi juga sebagai tuan rumah Pra Popnas 2023, dan sesuai target yang dicanangkan oleh Paman Birin ketika menjadi tuan rumah dalam laga apa saja dan kegiatan apa saja yang diselenggarakan di Banua.

Memang hanya babak Pra Popnas tapi tidak mudah dalam pelaksanaannya, karena memerluka kerja profesional melayani  ribuan atlet yang datang dari 7 provinsi (Jawa Tengah, Kalsel, Kaltara, Bali, Banten dan DI Yogyakarta). 

BACA JUGA : Akhir Tahun 2022, Renovasi Stadion 17 Mei Ditarget Rampung, Bisa Jadi Markas PS Barito Putera

Pelayanan dan sambutan para atlet semua daerah dilakukan sejak datang dari Bandara Intenasional Syamsudin Noor sampai ke penginapan/hotel yang direkomendasikan panitia. Begitu juga venue-venue pertandingan disiapkan sebaik mungkin. Tim kesehatan juga selalu siap melayani semua keluhaan peserta hingga berakhirnya dan pulang ke daerah masing-masing, sebelumnya juga diajak rekreasi city tour dengan rasa senang bagi atlet yang berhasil meraih prestasi maupun yang belum.

Dengan pelayanan yang baik terhadap semua kontingen maka itulah harapan Paman Birin, agar Banua Kalsel bisa dikenal dan dikenang dan diminati untuk berkunjung lagi.  

Spirit Bergerak (Bersama Gelorakan Rakyat) kembali ditorehkan pada even Pra Popnas 2022 oleh Paman Birin untuk nantinya bisa meraih hasil yang optimal di ajang Popnas 2023. Dan Kalsel pun siap untuk dijadikan sebagai tuan rumah Bangka Belitung, mundur.

BACA JUGA : Selama Oktober 2022, Terjadi Lonjakan Penumpang Pesawat di Bandara Internasional Syamsudin Noor

Kita dan Paman Birin bisa merasakan rasa bangga atas raihan prestasi dan sukses kepercayaan jadi tuan rumah. Maka kurun waktu tersedia meraih prestasi Popnas 2023, atlet-atlet yang lolos segera mempersiapkan diri berlatih keras dan berdoa harus mengulang sukses di Pra Popnas. 

Pemerintah Provinsi Kalsel melalui leading sector-nya Dinas Pemuda dan Olaharga (Dispora) yang telah sukses dalam penyelengaraaan akan bekerja lebih keras dan optimal lagi, khususnya venue-venue lapangan 17 Mei segera bisa diselesaikan pembangunannya. Juga lapangan Tenis Dharma Praja juga siap ditempati tribunnya. 

Veni, Vidi, Vici, datang berlaga dan menang. Haram menyarah waja sampai kaputing.(jejakrekam)

Penulis adalah Anggota Fraksi Golkar DPRD Kota Banjarmasin

Kawan Sekampung Paman Birin di Sungai Jingah

Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.