Diiikuti 1.800 Atlet Berlaga 8 Cabor dari 7 Provinsi, Pra Popnas Zona III 2022 Resmi Dibuka Paman Birin

0

PRA Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Pra Popnas) Zona III 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan resmi dibuka Gubernur H Sahbirin Noor, di GOR Hasanuddin HM, Banjarmasin, Rabu (26/10/2022) malam.

ADA 7 provinsi yang akan berlaga di Pra Popnas Zona III 2022 dengan tuan rumah Kalimantan Selatan. Yakni, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Bali, Banten, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Kalsel sebagai tuan rumah.

Gubernur Sahbirin Noor berharap agar Pra Popnas Zona III 2022 di Kalsel bisa berlangsung aman, lancar, sportif dan menghasilkan atlet muda potensial.

“Pra Popnas Zona III 2022 yang berlangsung di Kalsel merupakan ajang silaturahmi para altet muda. Jadi, apa yang disuguhkan bisa membawa nama baik Kalsel di nasional,” ucap Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel.

BACA : KONI Tetapkan 42 Cabor Dipertandingkan di Porprov XI Kalsel 2022 di HSS

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalsel mengungkapkan ada 1.800 lebih yang terdiri atlet, pelatih dan ofisial di Pra Popnas Zona III 2022 ini dari 7 provinsi. Even ini digelar pada 26 Oktober-2 November dengan mempertandingkan 8 cabang olahraga (cabor) di venue yang ada di Banjarmasin, Banjarbaru dan Martapura (Kabupaten Banjar).

“Delapan cabor itu yang dipertandingkan di Pra Popnas Zona III 2022 adalah basket, voli, sepakbola, pencak silat, sepak takraw, bulutangkis, tinju dan tenis lapangan,” ucap Hermansyah.

BACA JUGA : Bina 42 Cabor, KONI Banjarmasin Target Pertahankan Juara Umum Porprov Kalsel 2022

Dia hakkul yakin para atlet yang membawa nama kontingen Kalsel bisa lolos dalam ajang seleksi di Pra Popnas Zona III 2022, sehingga nantinya bisa berlaga di Popnas Tahun 2023 di Bangka Belitung.

Asisten Deputi Pembibitan dan Iptek Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Bayu Rahardian mengapresiasi Pemprov Kalsel yang menjadi tuan rumah Pra Popnas Zona III 2022.

“Saya sudah evaluasi semua fasilitas yang dipergunakan dalam pertandingan 8 cabor di Pra Popnas Zona III 2022 ini ternyata sudah siap semua dan berkualitas,” puji Bayu.

BACA JUGA : Gagal Tuan Rumah PON 2024, Sport Center Sudah Tidak Prioritas Lagi

Ia menambahkan dari lima zona yang melaksanakan Pra Popnas 2022, hanya atlet yang meraih juara I dan II yang akan diikutkan ke Popnas XVI di Bangka Belitung pada September 2023 nanti.

“Kalau melihat venue atau sarana prasarana yang ada di Kalsel, saya akan mengusulkan agar Kalsel jadi tuan Popnas. Tentu saja, hal ini tergantung kepala daerah dalam rapat kerja nasional (rakernas) nanti. Sebab, dalam Pra Popnas Zona III 2022 di Kalsel, sambutan dari tuan rumah sangat luar biasa,” pungkas Bayu.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.