Kejar Target Selesai Akhir Tahun, Proyek Jembatan Sulawesi 2 Kembali Dilanjutkan

0

USAI sempat dihentikan, kini proyek penggantian Jembatan Sulawesi 2 bernilai Rp 15,3 miliar kembali dilanjutkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin.

PROYEK Jembatan Sulawesi 2 yang digarap kontraktor pelaksana PT Hasrat Jaya Utama (Banjarmasin) memang sempat disetop oleh Polresta Banjarmasin demi penyelidikan insiden tewasnya mandor proyek bernama Kasim (50 tahun) pada Minggu (23/10/2022) lalu.

Warga Pasar Lama mengungkapkan sudah empat hari proyek Jembatan Sulawesi 2 kembali dilanjutkan oleh kontraktor. Ini terlihat, aktivitas para pekerja untuk menyambungkan bagian bentang tengah Jembatan Sulwesi bermodel kembar.

Jembatan kedua ini membentang di atas Sungai Kuin (Antasan) menghubungkan ruas Jalan Sulawesi Pasar Lama, Banjarmasin Tengah dengan Jalan Masjid Jami, Antasan Kecil Timur-Surgi Mufti, Banjarmasin Utara.

BACA : Kasus Tewasnya Mandor Diselidiki Polisi, Proyek Penggantian Jembatan Sulawesi 2 Disetop Sementara

“Begitu ada personel polisi datang memeriksa empat hari yang lalu, pagar proyek langsung dibuka. Beberapa pekerja sudah membersihkan sisa girder jembatan, termasuk memasang balok ulun yang jadi penyangga bentang tengah jembatan,” kata warga Pasar Lama kepada jejakrekam.com, Senin (7/11/2022).

Menurut dia, kalau dilihat dari volume pekerjaan, tampaknya penyambungan bentang tengah berbentuk struktur beton melekung  bisa selesai dalam waktu segera. “Mungkin mereka belajar dari insiden kecelakaan kerja beberapa waktu lalu, tampak kami lihat para pekerja sudah mulai hati-hati,” kata warga ini.

BACA JUGA : Mandor Alami Kecelakaan Saat Pemasangan Grider Di Jembatan Sulawesi 2 Banjarmasin

Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin Suri Sudarmadiyah membenarkan bahwa aktivitas pengerjaan proyek Jembatan Sulawesi 2 telah dilanjutkan.

“Saat ini, pihak kontraktor pelaksana masih proses pembersihan sisa girder di Jembatan Sulawesi 2, dan perbaikannya pun berjalan lancar,” kata Suri Sudarmadiyah kepada jejakrekam.com, Senin (7/11/2022).

Menurut dia, proyek jembatan itu akan terus dievaluasi, usai mendapat izin dari Polresta Banjarmasin. Sebab, sebelumnya kawasan proyek sempat dipasang garis polisi (police line), sehingga beberapa hari sempat tak ada aktivitas para pekerja proyek.

BACA JUGA : Tender Sempat Tertunda, Dinas PUPR Banjarmasin Optimistis Jembatan Sulawesi 2 Rampung Akhir 2022

“Kami juga minta agar pihak penyedia jasa secepatnya menyelesaikan  proses pembangunan Jembatan Sulawesi 2 bisa segera rampung. Sebab, akhir tahun 2022 ini harus segera tuntas, sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat untuk akses lalu lintas,” tutur Yayah, sapaan akrab pejabat Pemkot Banjarmasin ini,(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.