Bina 42 Cabor, KONI Banjarmasin Target Pertahankan Juara Umum Porprov Kalsel 2022

0

MERAIH medali sebanyak-banyaknya dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI Kalimantan Selatan yang dihelat pada Oktober 2022 nanti di Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menjadi target dari KONI Kota Banjarmasin.

“PRESTASI Banjarmasin sebagai juara umum Porprov Kalsel harus dipertahankan. Pada Porprov Kalsel X tahun 2017 di Kabupaten Tabalong, Banjarmasin juara umum. Target ini harus terwujud lagi di Porprov Kalsel XI 2022 di Hulu Sungai Selatan,”ucap Ketua KONI Banjarmasin, Hermansyah kepada jejakrekam.com, usai memimpin rapat kerja bersama pengurus KONI dan cabor di Sekretariat KONI Banjarmasin, Jalan Simpang Belitung, Sabtu (25/9/2021).

Untuk diketahui, pada Porprov IX Kalsel di Kabupaten Banjar pada 2013 lalu, kontingen Banjarmasin keluar sebagai juara umum. Dalam ajang lima tahunan ini, ada 98 medali emas dari 26 cabang olahraga dipertandingkan direbut atlet-atlet Banjarmasin. Prestasi itu makin moncer pada Porprov Kalsel X 2017 di Kabupaten Tabalong dengan membawa pulang 123 medali emas dan mempertahankan prestasi berturut-turut juara umum.

“Nah, untuk Porprov Kalsel XI 2022 nanti di HSS, kami tak menargetkan berapa medali yang didapat, tapi harus keluar sebagai juara umum lagi,” kata mantan Wakil Walikota Banjarmasin ini.

BACA : Ketua KONI Banjarmasin Hermansyah Janji Bangun Lima Fasilitas Olahraga

Dengan mengelola 42 cabor berprestasi yang akan ikut berlaga di Porprov Kalsel tahun depan, Hermansyah mengakui berbagai persiapan harus dimatangkan. Seperti, masalah peralatan dan fasilitas bagi pembinaan para atlet.

“Kita akui di Banjarmasin masih kurang untuk fasilitas pembinaan atlet andalan jika dibandingkan daerah lain. Padahal, ada 42 cabor andalan seperti renang, gulat, dayung, karate, catur, dan lainnya,” ucap mantan anggota DPRD Kalsel asal FPDIP ini.

Hermansyah menyebut justru saat ini keberadaan atlet berprestasi atau andalan hampir merata di Kalsel. Daerah yang menjadi pesaing Banjarmasin seperti Banjarbaru, Tanah Bumbu, Kotabaru, Tanah Laut dan tentu saja tuan rumah, HSS.

“Memang, untuk menghadapi Porprov Kalsel 2022 di HSS yang akan digelar pada Oktober tahun depan, kami mengusulkan anggaran dana hibah mencapai Rp 31 miliar. Semoga ini bisa direalisasikan pemerintah kota,” kata Hermansyah.

BACA JUGA : Ada 38 Cabor Dipertandingkan di Porprov Kalsel 2022, KONI HSS Mulai Pusatkan Pelatihan Atlet

Sementara itu, Wakil Walikota Banjarmasin, H Arifin Noor membuka raker KONI Banjarmasin, berpesan agar bisa menghasilkan beberapa keputusan yang dapat meningkatkan prestasi para atlet ke depan.

“Saya berharap dalam rapat kerja KONI Kota Banjarmasin bisa n menghasilkan keputusan-keputusan yang mengarah bagi kemajuan organisasi dan peningkatan mutu. Utamanya lagi, meningkatkan kualitas atlet-atlet kita, sehingga bisa terus mengukir prestasi yang lebih baik lebih dari tahun sebelumnya,” ucap mantan Kepala Dinas PUPR Banjarmasin ini.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.