MTQ XXIX Resmi Ditutup, Ketua Dewan Hakim Umumkan Kalsel Juara Umum 3

0

MUSABAQAH Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIX di Kalimantan Selatan yang di helat di tiga kabupaten/kota, Banjarmasin, Banjarbaru dan Kabupaten Banjar resmi ditutup oleh Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa’adi.

SEBELUM ditutup secara resmi, Ketua Dewan Hakim MTQ Nasional XXIX Said Aqil Husin Al Munawar terlebih dulu mengumumkan para pemenang lomba, di Kiram Park, Selasa (18/10/2022) malam.

Dari hasil pengumuman tersebut ternyata tuan rumah Kalimantan Selatan meraih juara umum ketiga yang meraih nilai 62, sedangkan juara umum satu di duduki Jawa Timur dengan nilai 87 dan juara umum dua DKI Jakarta dengan nilai 66.

BACA: Yakin Bisa Juara, Kafilah Kalsel Melaju ke Babak Final Pada 12 Golongan Lomba MTQ Nasional XXIX

Sekretaris Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Kalimantan Selatan H Ahmad Bugdadi membenarkan, sebanyak 17 peserta provinsinya dari 53 peserta yang diikutkan pada MTQN XXIX ini berhasil mencapai final dan sebanyak 17 peserta dari provinsi kita masuk babak final,” ujarnya.

Kafilah Kalsel berada di urutan ke-3 terbanyak peserta yang melaju ke final pada 8 cabang lomba dan 23 golongan pada MTQN ke-29 di Kalsel yang dimulai pada 10 sampai dengan 19 Oktober 2022.

Diurutan atas ada Jawa Timur dan DKI Jakarta yang sama-sama meloloskan sebanyak 22 peserta yang masuk babak final.

Adapun Kafilah Kalsel yang masuk final tersebut adalah, cabang tartil anak-anak putri, cabang murattal remaja putra dan putri, cabang qiraat mujawad dewasa putra dan putri.

Selanjutnya, cabang khat Al-Quran putra, golongan dekorasi putra dan putri, golongan hiasan mushaf putri, golongan kontemporer putra, cabang tafsir Bahasa Indonesia putra, cabang KTIQ putri, cabang MSQ putra dan putri, cabang remaja putra dan cabang dewasa putra dan putri.

BACA JUGA: Kafilah Jawa Timur Optimistis Jadi Juara Umum di MTQ Nasional XXIX 2022 di Kalsel

Pemenang semua cabang lomba akan diumumkan secara resmi pada acara penutupan MTQ Nasional XXIX yang dijadwalkan pada 18 Oktober 2022 di venue utama Kiram Park Kabupaten Banjar.

MTQ Nasional XXIX diikuti sebanyak 1.676 peserta dari 34 provinsi, dengan 12 venue lomba tersebar tiga daerah, yakni, Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin.

Untuk venue di Kabupaten Banjar ada enam, yakni, di Masjid Al Karomah di Kota Martapura untuk cabang tilawah dewasa dan qiraat sabbah mujawwad, STAI Darussalam di Kota Martapura untuk cabang hifzil golongan 1 juz dan 5 juz.

Selanjutnya Madrasah Darussalam di Kota Martapura untuk cabang khat golongan naskah dan hiasan mushaf, golongan dekorasi dan kontemporer, Masjid Nurul Iman di Kota Martapura untuk cabang tilawah golongan tartil dan canet.

Kemudian Masjid Bambu KH Abdul Gadir Hasan di Kiram Park untuk cabang giraat murottal remaja dan dewasa dan di panggung Astaka Utama Kiram Park yang menjadi tempat pembukaan dan penutupan MTQ nasional untuk cabang tilawah golongan anak-anak dan remaja.

BACA LAGI: Tinggal Tunggu Pengumuman Pemenang, 24 Finalis Khattil Quran Bersaing di MTQ Nasional XXIX Kalsel

Untuk venue di Kota Banjarbaru ada empat, yakni, Gedung Idham Chalid Kompleks Perkantoran Pemprov Kalsel untuk cabang lomba fahmil Qur’an, Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalsel untuk cabang lomba Syahril Qur’an.

Selanjutnya Aula Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin di Banjarbaru untuk cabang lomba karya tulis ilmiah Al-Qur`an dan Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjarbaru untuk cabang lomba tafsir Bahasa Indonesia dan Inggris.

Kemudian di Kota Banjarmasin ada dua venue, yakni, Masjid Jami Sungai Jingah untuk cabang hifzil Qur’an 10 Juz dan 20 Juz dan Masjid Raya Sabilal Muhtadin untuk cabang hifzil Qur’an 30 Juz.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/10/19/mtq-xxix-resmi-ditutup-ketua-dewan-hakim-umumkan-kalsel-juara-umum-3/
Penulis Asyikin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.