Lomba Karya Tulis Ilmiah MTQ Nasional XXIX 2022 Angkat Tema Moderasi Beragama

0

DIIKUTI 34 perwakilan provinsi se-Indonesia, cabang lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) pada MTQ Nasional XXIX 2022 di Kalimantan Selatan memasuki babak penyisihan kedua.

CABANG lomba dalam even dua tahunan ini berlangsung di Gedung Serbaguna ULM Banjarbaru, Sabtu (15/10/2022).  Babak penyisihan pertama lomba KTI telah berlangsung pada Kamis (13/10/2022) untuk putra dan Jumat (14/10/2022) untuk putri. Selama babak penyisihan para peserta mengangkat tema moderasi beragama dan akan memasuki babak semifinal pada Minggu (16/10/2022) besok. 

Koordinator Lomba KTI, Muhammad Fadhil Mansyur mengatakan, dalam babak semi final nanti diikuti oleh 12 peserta terdiri dari 6 peserta putra dan 6 putri yang kembali berlomba pada Minggu (16/10/2022). Mereka yang keluar sebagai terbaik akan masuk babak final yang dijadwalkan Senin (17/10/2022) mendatang. 

BACA : Hindari Kelompok Radikal dan Liberal, FKUB Kalsel Tawarkan Konsep Moderasi Beragama

“Pada babak semifinal peserta kembali membuat dua karya ilmiah, lalu pada babak final, mereka wajib mempresentasikan tulisan yang sudah mereka buat,” ujar Muhammad Fadil kepada jejakrekam.com, Sabtu (15/10/2022).

Adapun dua tema karya ilmiah yang dibuat untuk bisa sampai ke babak final. Pertama dengan tema besar moderasi beragama untuk babak penyisihan. Kemudian, tema pemberdayaan ekonomi umat pada babak semifinal. 

BACA JUGA : Kembali Jabat Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, Tambrin Bawa Misi Moderasi Beragama

Kemudian, karya tersebut akan dinilai 9 Dewan Hakim yang dibagi menjadi beberapa tahap penilaian.  “Masing-masing tiga orang menilai bobot dan materi, kaidah gaya bahasa dan organisasi pesan,” kata Fadil. 

Sementara itu, Kafilah Kalsel Sofa Halisa menyampaikan dalam penyisihan KTI ini, lawan terberat dari Pulau Jawa dan Kalimantan Barat. 

“Kalau penilaian itu tergantung dari Dewan Hakim. Soalnya, banyak peserta lain juga mencurahkan seluruh kemampuannya di cabang lomba ini,” kata Sofa.

BACA JUGA : Menteri Agama Minta Warga Kalsel Rawat Keindahan Toleransi Beragama

Sofa bilang, jika dirinya berhasil masuk semi final,  akan membuat satu karya tulis ilmiah lagi. Dirinya yakin bisa masuk ke babak semifinal dalam cabang lomba MTQ Nasional XXIX 2022 Kalsel ini.

“Insya Allah, saya telah mempersiapkan diri untuk tema berikutnya. Semoga bisa masuk semifinal,” kata Sofa.

Diketahui cabang lomba KTI, perwakilan Kafilah Kalsel di MTQ Nasional XXIX  adalah Sofa Halisa untuk putri. Sedangkan, putra diwakili Ahmad Sholahuddin.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/10/15/lomba-karya-tulis-ilmiah-mtq-nasional-xxix-2022-angkat-tema-moderasi-beragama/
Penulis Sheilla Farazela
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.