Kembali Jabat Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, Tambrin Bawa Misi Moderasi Beragama

0

LIMA tahun bertugas di Kementerian Agama (Kemenag) RI di Jakarta, H Muhammad Tambrin kembali ke Kalimantan Selatan. Mantan Sekretaris Inspektorat Jenderal (Irjen) Kemenag RI ini dipercaya untuk mengisi jabatan yang sama di Banua.

SEBAB, pada periode 2014-2016, Muhammad Tambrin menjabat Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan, sebelum pada Juli 2016 digantikan koleganya, H Noor Fahmi. Sementara, Noor Fahmi pun dipercaya Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut untuk mengisi jabatan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Tengah.

Tambrin yang juga sebelumnya Direktur Urusan Agama Islam (Urais) dan Bimbingan Syariah (Binsar) di Ditjen Kemenag RI dilantik secara virtual oleh Menag Gus Yaqut di Jakarta pada Selasa (6/7/2021).

“Ya, terhitung sudah lima tahun saya meninggalkan Banua dan bertugas di Kemenag RI. Saya pun diberi amanat oleh Pak Menag Gus Yaqut untuk menjabat Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan,” ucap Tambrin saat dikonfirmasi jejakrekam.com, Selasa (6/7/2021).

Menurut Tambrin, dirinya diberi tugas untuk memimpin Kanwil Kemenag Kalsel setelah cukup lama berkiprah di Jakarta. Salah satunya adalah memoderasi beragama yang menjadi tugas dari Kemenag di Kalimantan Selatan. Yakni, membangun pandangan beragama secara moderat dengan memahami dan mengamalkan ajaran tidak ekstrem, serta menjaga hubungan antarumat beragama.

BACA : Bunuh Diri Akibat Dilarang Nikah Muda, Kemenag Kalsel Akui Perkawinan Dini Marak

“Ini tugas yang diembankan Gus Yaqut selaku Menag kepada saya di Kalimantan Selatan. Makanya, saya akan merajut hubungan dengan tokoh-tokoh agama di Kalsel dalam memoderasi beragama,” ucap Tambrin.

Mantan Kepala Kemenag Tanah Laut mengatakan Kalimantan Selatan yang merupakan daerah yang kuat dengan pendidikan berbasis pesantren akan lebih diperkuat dan diberdayakan. “Termasuk, pemberdayaan perekonomian pesantren yang menjadi ciri khas dari Kalsel,” tutur magister pendidikan Uninus Bandung ini.

Dalam programnya ke depan, Tambrin pun mengatakan akan segera mengkonsolidasi masjid dengan lewat lawatan dari masjid ke masjid di Banua. “Ini beberapa program yang akan laksanakan sebagai Kepala Kanwil Kemenag Kalsel,” imbuhnya.(jejakrekam)

Pencarian populer:Kepala Kanwil Kemenag Kalsel
Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.