Gelar Pasar Murah dengan Subsidi Harga, Kabupaten Tabalong Tercatat Nomor 2 Nasional Tekan Laju Inflasi

0

SEMPAT jadi sorotan karena tergolong tinggi tingkat inflasi di Kalimantan Selatan, bersama Kabupaten Kotabaru, kini Kabupaten Tabalong terus berikhtiar untuk menekan laju inflasi.

DINAS Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopukmperindag) Kabupaten Tabalong memilih menggelar pasar murah untuk bisa menstabilkan harga di tengah menaikkan harga kebutuhan pokok masyarakat.

Instansi vertikal seperti Pengadilan Negeri Tabalong, Kejari Tabalong dan lainnya digandeng Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tabalong. Alhasil, Kabupaten Tabalong menjadi kabupaten terendah nomor dua di Indonesia dalam menahan laju inflasi.

Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani mengatakan berkat kerjasama berbagai dalam menekan laju inflasi membuahkan hasil kini tingkat inflasi di Tabalong, raih nomor 2 terendah di Indonesia.

BACA : Percepat Pengendalian Inflasi, Pemkab Tabalong Kembali Gelar Pasar Murah

“Terakhir pada September lalu, Kabupaten Tabalong terendah di Kalimantan dan ini akan kita pertahankan sampai Desember nanti,” ujar Bupati Anang Syakhfiani, saat meninjau pelaksanaan pasar murah yang digelar di halaman Expo Center Tanjung di Kelurahan Mabu’un Kecamatan Murung Pudak, Tabalong, Selasa (11/10/2022).

Guna terus mempertahankan dan mengendalikan inflasi, Bupati Anang memastikan Pemkab Tabalong akan menggelar pasar murah hingga kecamatan. “Tidak hanya di ibukota kabupaten di Tanjung, kami juga akan menggelar pasar murah di semua kecamatan di Tabalong,” ujarnya.

BACA JUGA : Kotabaru dan Tabalong Disorot, BPKP Sebut Anggaran BTT dan DTU Bisa Dipakai Tekan Inflasi

Meski pasar murah dengan titik konsentrasi ada di wilayah perkotaan, Anang memastikan masyarakat di kecamatan juga dapat membeli sembako dengan harga murah. Hal ini disiasati dengan menggelar pasar murah juga akan digelar di kecamatan “Kami ingin semua masyarakat Tabalong merasakan sembako dengan harga miring,” bebernya.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani saat berfoto bersama dengan jajaran Forkopimda Kalsel saat menggelar pasar murah di Tanjung. (Foto Istimewa)

Masih kata dia, jika terdapat kenaikan, maka Pemkab Tabalong akan memberi subsidi harga untuk selisih produk yang dibeli masyarakat. “Selisih kenaikan dengan harga asal akan kita subsidi, agar harganya tetap miring,” ujar bupati dua periode ini.

BACA JUGA : Jadi Tolak Ukur Penentuan Inflasi, 3 Kecamatan Di Tabalong Jadi Sasaran Pasar Murah

Bupati Anang menambahkan, dengan cara tersebut membuat inflasi di Kabupaten Tabalong sangat terkendali.

Terpisah, Kepala Diskopukmperindag Tabalong, Husin Ansari mengatakan dalam menggelar pasar murah dengan menggandeng instansi-instansi vertikal yang ada di Kabupaten Tabalong

“Kemarin, kami bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri Tabalong. Sebelumnya, kami juga bekerjsama dengan Pengadilan Negeri Tanjung,” ujar Husin Ansari kepada jejakrekam.com di Banjarmasin, Rabu (12/10/2022).

BACA JUGA : Pengendalian Inflasi, Birhasani: Tiga Daerah Harus Gelar Pasar Murah Sebulan Sekali

Dengan menggandeng instansi vertikal atau beberapa pihak lainnya, Husin Ansari hakkul yakin dapat memberi subsidi harga sembako di pasar murah menjadi lebih murah dibanding harga pasaran.

“Dengan begitu meskipun harga di luar naik, namun di pasar murah warga masih bisa membelinya dengan harga yang miring,” pungkas Husin.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.