Pertajam Kolaborasi dan Konsolidasi, Rektor ULM Ahmad Alim Bachri Target Ciptakan Kampus Unggul

0

RESMI menyandang jabatan Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) periode 2022-2026, Prof Dr Ahmad Alim Bachri memastikan akan langkah gerak cepat demi memajukan kampus yang dulu bernama Unlam itu.

“YANG pasti, ke depan lebih mempertajam kolaborasi dan konsolidasi di internal ULM dulu. Ini demi membawa ULM semakin solid demi memajukan pendidikan Banua,” ucap Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri kepada jejakrekam.com, usai dilantik Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim di Jakarta, Selasa (4/10/2022).

Guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM ini mengatakan dirinya bersama elemen kampusnya lainnya bertekad untuk menjadikan ULM sebagai pusat keunggulan dan rujukan bagi masyarakat. Terkhusus lagi perguruan tinggi lainnya di Kalimantan dan dunia internasional.

BACA : Resmi Sandang Status BLU, Dicari Figur Rektor ULM Ke depan Bervisi Entrepreneurship

“Hal ini harus mencerminkan kualitas kampus sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Yakni, dalam hal pendidikan dan pengajaran, produktivitas karya penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat,” tutur dosen senior yang telah mengabdi di kampus ULM sejak 1995 ini.

Demi menciptakan kampus ULM yang aman, nyaman dan menggalakkan program Merdeka Belajar, Alim Bachri mengatakan dirinya juga akan menggenjot pemenuhan sarana dan prasarana yang memadai di kampus.

BACA JUGA : Rebut 68 Suara, Prof Achmad Alim Bachri Rektor ULM Terpilih Periode 2022-2026

“Prestasi yang tinggi lumrahnya diimbangi oleh sarana yang maksimal, baik dari sisi fisik gedung, laboratorium, maupun unsur pendukung lainnya,” tegas pria yang aktif di ormas Islam, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU).

Alim Bachri memohon doa seluruh masyarakat Banua agar ULM sebagai kampus tertua di Kalimantan semakin maju dan unggul. “Sebab, semua itu tidak bisa terlepas dari dukungan semua pihak masyarakat Banua,” tegas mantan Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM periode 2014-2018.

BACA JUGA : Lantik Prof Alim Bachri Jadi Rektor ULM, Mas Menteri Nadiem Makarim Pesan Galakkan Merdeka Belajar

Untuk profil singkat Prof Dr Ahmad Alim Bachri SE MSi ini lahir Pangbuluran/Enrekang pada 31 Desember 1967. Jenjang pendidikan dimulai SDN 07 Gandeng, Desa Salukanan, Baraka, Enrekang (1979), SMP Malua Kabupaten Enrekang (1982), dan SMAN 06 Makassar (1985).

Gelar sarjana (S1), magister sains (S2) dan doktor (S3) diselesaikan di almamaternya; Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar. Tak hanya di kampus ULM, Alim Bachri juga berpengalaman mengajar di STIE Pancasetia, STIE Indonesia, Universitas Muhammadiyah Makassar.

BACA JUGA : Ditetapkan Jadi Rektor ULM, Selasa Lusa Alim Bachri Dilantik Mendikbudristek di Jakarta

Bahkan, Ahmad Alim Bachri juga sempat menjadi penguji, pembimbing dan mengajar program doktor di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta hingga Unhas Makassar.

BACA JUGA : Terpilih Secara Aklamasi, Ahmad Alim Bachri Kembali Menakhodai HIKMA Kalsel

Di organisasi kemasyarakatan, Alim Bachri juga tercatat merupakan mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Buktinya, Alim Bachri menjabat Sekretaris Dewan Penasihat KAHMI Kalsel, Dewan Pakar ICMI Kalsel, Dewan Pakar ISNU Kalsel, Dewan Pakar Majelis Ekonomi Muhammadiyah PWM Kalsel serta segudang pengalaman lainnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.