Rebut 68 Suara, Prof Achmad Alim Bachri Rektor ULM Terpilih Periode 2022-2026

0

GURU besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Prof Dr Achmad Alim Bachri merebut suara mayoritas dalam pemungutan suara Pemilihan Rektor (Pilrek) ULM periode 2022-2026.

SECARA mengejutkan, raihan suara Alim Bachri dengan nomor urut 1 (Prof Achmad) mendulang 68 suara dari Senat ULM dan perwakilan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) pada sidang pemungutan suara Pilrek ULM 2022 di Aula Rektorat ULM, Banjarmasin, Kamis (1/9/2022).

Praktis, suara awal Alim Bachri yang sebelumnya mengantongi 30 dukungan bertambah 38 suara. Mantan Wakil Rektor I ULM periode 2014-2018 ini ditetapkan sebagai pemenang Pilrek ULM. Dia menjadi Rektor ULM terpilih hasil pemungutan suara tahap kedua.

Sementara, rivalnya Wakil Rektor II ULM Bidang Umum dan Keuangan periode 2018-2022, Dr Ahmad Syamsu Hidayat justru mengalami penyusutan suara. Pada tahap pemilihan suara Senat ULM, dosen senior Fakultas Perikanan dan Kelautan ULM merebut 30 suara, terkorting jadi 25 suara. Calon nomor urut 2 ini pun kehilangan 5 suara.

BACA : Tak Ada Raih Suara Mayoritas, Suara Mendikbudristek Paling Menentukan Rektor ULM Terpilih

Sedangkan, pesaing lainnya, Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM periode 2018-2022, Prof Dr H Aminuddin Prahatama Putra yang awalnya mengoleksi 8 suara, bertambah menjadi 10 suara.

Akhirnya, sidang senat dengan agenda pemungutan suara Pilrek ULM dipimpin Ketua Senat ULM, Prof Dr Muhammad Hadin Muhjad menetapkan Alim Bachri sebagai rektor terpilih. Hal ini ditandai dengan penandatangan berita acara yang diteken Ketua dan Sekretaris Senat ULM, kuasa Mendikbudristek dan saksi-saksi.

Meroketnya suara Alim Bachri dalam puncak Pilrek 2022 dengan pemungutan suara Senat ULM plus suara kuasa Mendikbudristek ini, langsung disambut dengan rasa syukur.

BACA JUGA : Alim Bachri Merasa Tak Disingkirkan, ULM Bersiap Jadi Badan Layanan Umum

“Alhamdulillah. Ini amanah dan kepercayaan besar bagi saya untuk memajukan kampus perjuangan ini. Hasil suara ini terjadi secara alami,” ucap Alim Bachri kepada awak media, usai pemungutan suara Pilrek ULM, Kamis (1/9/2022).

Dia memastikan akan merangkul dan melibatkan mahasiswa. Berlatar belakang aktivis kampus, Alim Bachri sadar betul posisi mahasiswa sangat vital dalam kegiatan citivas akademika.

“Mahasiswa adalah sahabat saya. Jadi, para mahasiswa tidak usah khawatir, pasti saya akan libatkan untuk kemajuan ULM,” tegas doktor lulusan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar ini.

BACA JUGA : Besok, 3 Calon Rektor ULM Dites Wawancara Daring oleh Dirjen Dikti Kemendikbudristek

Alim Bachri menegaskan hal itu sudah tercover dalam visi-misinya sebagai calon Rektor ULM periode 2022-2026, sehingga komunikasi yang terjalin erat dengan mahasiswa, bisa membawa kampus tertua di Kalimantan menyongsong kemajuan ke depan.

“Saya pernah jadi mahasiswa dan aktivis mahasiswa. Jadi, saya tahu betul bahwa mahasiswa itu adalah aset universitas. Nama ULM bisa harum dan baik karena mahasiswa berprestasi,” tegas Ketua Ikatan Alumni Unhas Kalimantan Selatan ini.

BACA JUGA : Utusan Mendikbudristek Datang pada Kamis Lusa, Puncak Pilrek ULM Ditunda Sehari

Bagi Dewan Pakar Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kalsel ini, prestasi yang diraih perguruan tinggi juga bersumber dari hubungan harmonis antar civitas akademika. Terkhusus lagi jabatan rektor sebagai petinggi kampus untuk memotivasi mahasiswa agar berprestasi.

“Untuk para pesaing saya dalam Pilrek ULM ini, tentu saja akan dirangkul. Sebab, sebagai pimpinan perguruan tinggi negeri, apalagi ULM merupakan organisasi besar butuh kerjasama dan sinergitas demi memberikan yang terbaik bagi institusi,” pungkas Ketua Dewan Pakar Majelis Ekonomi Muhammadiyah Kalsel ini.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.