NGopi jrektv,  Nasrullah dan Meldy Urai 77 Tahun Merdeka, Apa Yang Kita Dapatkan?

0

“DALAM Ngobrol Pinggiran (Ngopi) Akhir Pekan jrektv kembali mengangkat “77 Tahun Merdeka, Apa Yang Telah Didapatkan?”

SEBUAH pertanyaan besar yang dimunculkan oleh podcast jrektv, jaringannya media online jejakrekam.com secara berseri.

Dalam sesi ketiga ini, nara sumber (Narsum) yang dihadirkan perwakilan organisasi masyarakat (Ormas) keagamaan terbesar di Indonesia.

BACA JUGA: 77 Tahun, NGopi jrektv ‘Merdeka Secara Seremoni, dan Subtansinya Belum Merdeka

Mereka adalah Tokoh Muda Nahdlatul Ulama (NU) H Nasrullah AR, SPd SH MH dan Tokoh Muda Muhammadiyah dr Meldy Muzada Elfa, SP PD FINASIM.

dr Meldy Muzada Elfa lebih menyoroti Alinea IV Pembukaan UUD 1945 yang diantaranya menyatakan bahwa Pemerintah Negara Republik Indonesia melindungi segenap bangsa Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, dibreakdown dengan sila-sila dalam Pancasila.

Tokoh Muda H Nasrullah dan dr Meldy Muzada Elfa, saat menguraikan 77 Tahun Indonesia Merdeka di Studio jrektv dalam NGopi (NGobrol Pinggiran) didampingi ahli perkotaan H Subhan Syarief dan Host M Rasyidi

Dalam mencermati, jelasnya, 77 Tahun Indonesia Merdeka’, ada indikator lagi, seperti berdasarkan pendapatan penduduk, dan angka harapan hidup dari indek pembangunan manusia.

BACA JUGA: NGopi jrektv, Konsep Penanganan Banjir dan Pembangunan Berkelanjutan

Sementara H Nasrullah, lebih condong melihat aspek histori (sejarah) dalam Kemerdekaan RI. “Jadi berbicara kemerdekaan, saya kira bebas berpendapat, dan bebas berekpresi telah dibolehkan,” tuturnya.

Meski demikian, selanya, secara ekonomi belum merdeka, sebab sumber daya alam jika dikelola dengan benar, maka dalam satu pulau dapat mensehajterakan penduduknya.

“Ekonomi Indonesia sedang dalam kondisi membahayakan, secara makro APBN defisit, sebab digunakan mereka yang tidak berhak menerima subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM),” papar mantan wakil rakyat ini.

Para narsum semakin mempertegas, adanya sumber masalah besar yang membuat Negeri Tercinta Indonesia ini tak merasakan manfaat sebenarnya dari Merdeka-nya Indonesia.

Tujuan merdeka yang tak lepas dasarnya untuk menggapai keadilan dan kesejahteraan masihlah jauh dari harapan.

BACA JUGA: NGopi Akhir Pekan jrektv, Hubungan STRI dengan Keruntuhan Bangunan?

Lalu, apa penyebabnya? tak lepas, akibat kualitas kemampuan pemimpin dan kualitas kecerdasan rakyatnya dalam melakukan pilihan terhadap pemimpin yang dipercayanya untuk mengatur negeri.

Bahkan, bisa juga kualitas pendidikan politik yang kurang memadai, serta rendahnya ekonomi masyarakat yang membuat pendidikan politik itu kurang atau minim.

Untuk lebih lengkapnya, dapat disimak di Youtube, IG, FB jrektv. Jangan lupa klik subscribe. Ya. (jejakrekam)

Penulis jrektv
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.