Lakukan Pemutakhiran, KPU Banjarbaru Sebut Ada Penambahan Ribuan Pemilih Baru

0

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Banjarbaru kembali melakukan pemutakhiran jumlah pemilih dalam Pemilu 2024. Dalam pemutakhiran data pemilih berkelanjutan periode Agustus 2022, KPU Banjarbaru mencatat adanya dinamika jumlah pemilih.

KOMISIONER KPU Banjarbaru Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Heryanto membeberkan, penambahan pemilih pemula sebanyak 148 pemilih didapatkan dari hasil pendataan peserta didik tingkat SMA sederajat yang telah berumur 17 tahun dan memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) Banjarbaru.

“Selain itu, penambahan pemilih baru juga didapatkan dari data warga yang pindah masuk ke Banjarbaru. Penambahan pemilih pindah masuk ini yang tercatat sangat signifikan, yaitu mencapai 3.617 pemilih,” kata Hereyanto.

BACA : Anggaran KPU-Bawaslu Naik 3 Kali Lipat, Honor Penyelenggara Pemilu 2024 Gede

Disamping penambahan pemilih baru, Hereyanto bilang pihak KPU Banjarbaru juga mencatat pada Daftar Pemilih Berkelanjutan perihal adanya pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) dengan kondisi meninggal dunia.

Adapun, pencatatan penambahan pemilih yang dilakukan KPU Banjarbaru terungkap saat menggelar rapat pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banjarbaru dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Banjarbaru, Jumat (2/9/2022).

Rapat pleno rekapitulasi ini, menghasilkan data yang tercatat pada Daftar Pemilih Berkelanjutan di Banjarbaru sebanyak 169.680 pemilih.

BACA JUGA : Gerindra Dan PKB Bertemu, Nama Zairullah Disebut Figur Kuat Di Pilgub Kalsel

“Terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 82.598 orang pemilih dan pemilih perempuan sebanyak 87.082 orang pemilih,” sambung Hereyanto.

Hereyanto mengakui, dalam rapat pleno rekapitulasi, pihaknya mendapat berbagai masukan. Dari Bawaslu Banjarbaru misalnya seperti lembaga pengawasan pemilu akan memberikan pengawasan dalam proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

“Sementara dari Disdukcapil Banjarbaru, mereka memberi kesempatan kepada kami untuk koordinasi dalam rangka verifikasi data warga Banjarbaru untuk keperluan pemutakhiran data pemilih,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.