3 Putaran Tercepat Jadi Juara, Adu Balap Tamiya 4WD di Sirkuit Mini Berlangsung Seru

0

PARA penggemar mini 4WD merupakan mainan mobil balap yang pertama kali dibuat pada era 1980-an di Kalimantan Selatan, ternyata masih banyak.

TAMIYA, begitu merek mainan asal Jepang yang didirikan Yoshio Tamiya sejak 1946 ini telah membentuk komunitas para penggemarnya. Miniatur mobil balap F1 yang ditenagai motor listrik menggunakan sepasang baterai tak hanya digemari anak-anak. Namun, orang dewasa pun menggelutinya.

Jelang Kejuaraan Walikota Cup 2022 di KCM, Jalan Belitung Darat, Banjarmasin pada 10-12 September 2022, digeber lomba yang diikuti para penggemar Tamiya berbagai kota. Tak hanya dari Banjarmasin, ada datang dari Banjarbaru, Martapura (Kabupaten Banjar) serta daerah lainya.

Gelaran ini dihelat Komunitas Kalimantan Selatan Tamiya Original (Kalisto) di Selo Bar, dekat Koramil 1007-01/Banjarmasin Timur, Jalan Veteran, Banjarmasin, Minggu (4/9/2022).

BACA : Mungkin Ngehits di Jakarta Saja, Pedagang Mainan di Banjarmasin Tak Jualan Boneka Arwah

“Kegiatan ini digelar setengah bulan sekali. Ada beberapa kategori yang dilombakan guna memperebutkan hadiah dan piala,” ucap Ketua Kalisto Muhammad Firmansyah kepada jejakrekam.com, Minggu (4/9/2022).

Sebelum mengikuti lomba, peserta dari komunitas hingga masyarakat umum terlebih dulu membeli kupon sebagai uang pendaftaran seharga Rp 50 ribu. Mereka dapat jatah 25 kali bermain di arena sirkuit mini yang telah disiapkan panitia.

“Dalam perlombaan, Tamiya yang tercepat dalam tiga kali putaran jadi juara. Hadiah yang kami sediakan bervariasi. Untuk juara I Rp 800 ribu, juara II Rp 700 ribu dan juara III Rp 50 ribu,” ucap Firmansyah.

BACA JUGA : Banjarmasin Ditarget Punya 20 Kampung Permainan Tradisional, Terbaru di Sungai Andai

Menurut dia, untuk Tamiya yang dibawa masing-masing oleh peserta. Karena, panitia hanya menyediakan mesin dan baterai, termasuk jasa servis diberikannya.

Firmansyah menyebut komunitas para peminat Tamiya itu sudah berdiri 10 tahun lalu. Bahkan, tercatat ada 80 anggota Kalisto tersebar di 13 kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan.

“Lomba Tamiya 4WD ini menjadi ajang pemanasan, karena pada 10-12 September 2022 nanti akan digelar kejuaraan memperebutkan piala Walikota Banjarmasin dengan total hadiah Rp 20 juta. Pertandingan akan digelar di KCM Belitung Darat Banjarmasin,” imbuh Firmansyah.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.