Husairi Abdi

Banjarmasin Ditarget Punya 20 Kampung Permainan Tradisional, Terbaru di Sungai Andai

0

PEMERINTAH Kota Banjarmasin meresmikan kawasan Jalan Jeruk Purut IX, Sungai Andai, sebagai Kampung Bermain Baiman, pada Minggu (26/9/2021). Peresmian ini menambah daftar panjang eksistensi kampung-kampung permainan atau olahraga tradisional di kota seribu sungai.

WALIKOTA Banjarmasin, Ibnu Sina, mengatakan kampung bermain ini diusung pemerintah kota unruk menghidupkan lagi permainan tradisional di setiap perkampungan warga. Pada tahun ini, pemkot menarget ada 20 tempat yang dikukuhkan.

“Mudah-mudahan. Bisa kita perbanyak lagi. Targetnya 20 tahun ini. Sehingga, di lingkungan masyarakat kita, kita buat semacam tempat untuk anak-anak bisa bermain,” kata Ibnu.

BACA JUGA: Semua Sepakat Mendorong Permainan Balogo Menjadi Olahraga Tradisional Secara Nasional

Ia mengakui, saat ini, sebagian generasi muda hanya mengetahui gim online. Padahal, menurutnya, keberadaan mengakibatkan kurangnya interaksi secara fisik dan cenderung memudarkan permainan tradisional

“Mudah-mudahan anak-anak kita yang selama ini tau nya dengan belajar online, pakai gadget, sekarang diarahkan untuk bermain fisik di lingkungan kampung bermain bisa balogo, bisa Baegrang, tarik tambang,” ungkap H Ibnu Sina.

Ibnu pun berharap dengan adanya tempat bermain tersebut dapat didukung oleh semua pihak dalam hal peralatan bermain.

“Jadi nanti untuk peralatan akan dilengkapi juga mudah-mudahan termasuk juga dukungan dari berbagai pihak, ada tarik tambang, ada balap karung kah, misalnya. Tapi tetap dengan protokol kesehatan, itu yang kita harapkan,” harapnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.