Mungkin Ngehits di Jakarta Saja, Pedagang Mainan di Banjarmasin Tak Jualan Boneka Arwah

0

FENOMENA mengadopsi boneka arwah atau spirit doll yang kini lagi hits di media sosial, ternyata belum merambah Banjarmasin.

BONEKA yang awalnya hanya media mainan, kini telah bertransformasi menjadi media pelayanan terhadap arwah. Ini karena, boneka itu sekilas seperti bayi manusia sungguhan. Bahkan, para pemilik pun memperlakukan boneka arwah layaknya anak manusia. Ada yang memberi pakaian, nama hingga perlakuan khusus lainnya.

Harga boneka arwah ini pun jika menyimak di marketplace tergolong mahal. Ada yang menawarkan spirit doll anak perempuan berukuran 24 inchi dengan harga Rp 3,75 juta. Ada pula yang membanderol harga Rp 3,25 juta untuk ukuran 24 inchi. Termurah, harganya mencapai Rp 500 ribu.

Sejumlah pedagang boneka mainan di Banjarmasin, terutama di kawasan Pasar Baru mengaku cukup penasaran dengan fenomena boneka arwah itu. Apalagi, sekarang lagi viral dan ngehits, karena kebanyakan para pemilik boneka arwah berasal dari kalangan berkantong tebal, dari artis hingga orang-orang mapan.

BACA : Mengais Receh dari Hiburan Jalanan, ‘Manusia Egrang’ asal Indramayu Pukau Warga Kelayan

“Saya juga baru mendengar ada boneka arwah. Apalagi, kabarnya harganya mahal dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Seperti apa bentuknya, saya belum tahu,” kata Noor Sehat, pedagang boneka di Pasar Baru, Jalan Pangeran Samudera Banjarmasin kepada jejakrekam.com, Senin (10/1/2022).

Pedagang boneka dan mainan di Pasar baru Banjarmasin, belum menjual boneka arwah. (Foto Sirajuddin)

Menurut Noor Sehat, dari bentuknya yang diamati lewat medsos baik Youtube hingga Instagram, rupa boneka arwah itu seperti seorang bayi mungil sungguhan. “Apalagi, boneka arwah itu diperlakukan sebagai bayi manusia. Dikasih baju bahkan dimandikan. Makanya, saya penasaran seperti apa bentuk aslinya,” kata Noor Sehat.

BACA JUGA : Membidik Pasar Pelintas Jalan Trans Kalimantan

Selama puluhan tahun berjualan aneka boneka di kiosnya, Noor Sehat mengaku penasaran bentuk boneka arwah. Hanya saja, saat ini di Banjarmasin diakuinya belum ada yang mencari atau memesan boneka arwah.

“Mungkin boneka arwah itu heboh di Jakarta atau kota-kota besar di Indonesia, belum merambah ke Banjarmasin. Apalagi, ada artis yang memperlakukannya seperti bayi dan menggendongnya,” duga Noor Sehat.

Namun jika sudah masuk ke Banjarmasin, Noor Sehat pun mengatakan sebagai pedagang yang ambil untung tentu bisa saja nanti memesan ke toko mainan yang lebih besar. “Kalau banyak yang memesan boneka arwah, bisa saja nanti kami pesan untuk dijual. Kalau saat di Banjarmasin, masih banyak order boneka berbentuk guling atau bantal. Ini lagi ramai,” ucapnya.

BACA JUGA : Heboh Penemuan Orok Bayi di Kawasan Jembatan Antasari

Senada itu, Dewi, penjual boneka di Pasar Baru Banjarmasin mengaku baru mengenal boneka arwah saat melihat postingan sejumlah artis di medsos. “Kebanyakan artis yang punya boneka arwah. Saya kira hanya di Jakarta yang lagi ngehits soal boneka arwah itu,” kata Dewi.

Dalam pemantauan Dewi, beberapa toko boneka dan mainan besar di Banjarmasin belum memajang koleksi boneka arwah sebagai jualannya. Dewi melihat sekilas bentuk boneka arwah itu seperti boneka karet bayi atau boneka barbie.

“Entahlah nanti, kalau ada yang pesan mungkin boneka arwah itu bisa masuk ke Banjarmasin. Tapi sekarang kan lebih mudah pesan melalui aplikasi jual-beli online. Mungkin, para pengoleksi boneka akan membeli boneka arwah itu di marketplace,” tutur Dewi.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.