Resmi Harga Pertalite, Solar dan Pertamax Naik, Antrean Mengular Warnai SPBU di Banjarmasin

0

PENGUMUMAN naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) olahan Pertamina per 3 September 2022, membuat sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Banjarmasin diserbu warga.

ANTREAN panjang dengan mengular pun terlihat terutama di lajur Pertalite. Seperti terlihat di SPBU Jalan S Parman, SPBU Jalan A Yani, hingga SPBU Jalan Veteran, Banjarmasin.

Seperti harga solar dibanderol Rp 6.800 per liter sebelumnya Rp 5.150 untuk subsidi, Pertalite RON 90 Rp 10 ribu dari Rp 7.650, Pertamax RON 92 Rp 14.500, awalnya Rp 12.500. Pertamax Turbo Rp 15.900, Dexilite CN 51 Rp 17.1000 dan Pertamina Dex CN 53 Rp 17.400/liter.

Menariknya, harga Pertamax justru dijual di SPBU kembali naik pada Sabtu (3/9/2022) sore sekitar pukul 15.00 Wita. Saat ini, harga Pertamax di Banjarmasin sudah dijual Rp 14.850 per liter.

BACA : HMI Cabang Banjarmasin Akan Blokade Pelabuhan Pertamina Banjarmasin Buntut Kenaikan BBM Dan TDL Oleh Pemerintah

Dalam keterangan persnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah telah berupaya sekuat tenaga untuk melindungi rakyat dari gejolak harga minyak dunia.

“Saya sebetulnya ingin harga BBM dalam negeri tetap terjangakau dengan memberikan subsidi dari APBN tetapi anggaran subsidi dan kompnesasi tahun 2022 telah meingkat 3 kali lipat dari Rp 152,5 triliun menjadi Rp 502,24 triliun,” terang Jokowi dalam konfresnsi persnya di Istana Negara, Sabtu (3/9/2022), dilansir dari CNBC Indonesia.

BACA JUGA : Temui Pertamina, HMI Banjarmasin Tetap Menolak Kenaikan BBM Dan TDL

Sebelum kenaikan, sejumlah SPBU di Banjarmasin, sempat ditutup karena sistem digitalisasi telah diterapkan oleh Pertamina pada Sabtu (3/9/2022).

Dikutip dari laman pertamina.com, dijelaskan bahwa PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) Umum dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula harga dasar dalam perhitungan harga jual eceran jenis bahan bakar minyak (BBM) umum jenis bensin dan minyak solar yang disalurkan melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

BACA JUGA : Kawal Ketat BBM Subisidi, Pertamina Pastikan Stok Kalsel Aman

“Ya, SPBU sempat ditutup selama 30 menit pada pukul tiga sore tadi, saat kenaikan harga BBM diumumkan pemerintah. Saat ini, Pertalite dijual Rp 10 ribu dan Pertamax jadi Rp 14.850 per liter,” ucap petugas SPBU Jalan Veteran kepada jejakrekam.com, Sabtu (3/9/2022).

Akibat kenaikan harga BBM ini, antrean mengular di sejumlah SPBU. Termasuk di SPBU Jalan Veteran, terutama di lajur Pertalite. Sejumlah pengendara mengaku takut kehabisan stok karena kenaikan harga BBM membuat banyak pengendara mendatangi SPBU.

“Pasti dengan naiknya harga BBM itu akan diiringi naiknya harga barang. Apalagi, saat ini tarif air leding PT Air Minum Bandarmasih juga ikutan naik. Ini jadi beban kami,” ucap Puja, warga Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.