Lepas Kontingen Kwarcab Kota Banjarmasin, Wawali: Semoga Pramuka Kita Makin Bagus

0

WAKIL Walikota Arifin Noor melepas Kontingen Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Banjarmasin untuk mengikuti Jambore Nasional XI tahun 2022, bertempat di Balaikota Banjarmasin, Jumat (5/8/2022).

JAMBORE Nasional XI adalah kegiatan perkemahan besar yang diselenggarakan oleh kwartir nasional untuk mempertemukan pramuka penggalang se-Indonesia. Tahun ini, Jambore Nasional diadakan di Cibubur, Jakarta Timur, dari tanggal 14-21 Agustus.

“Insyaallah mereka berangkat pada tanggal 13 Agustus menuju Jakarta dan langsung ke Cibubur,” ucap Arifin Noor.

Ia menjelaskan bahwa untuk Kwarcab Kota Banjarmasin mengirimkan 16 pramuka penggalang yang terdiri dari delapan anak perempuan dan delapan anak laki-laki. Hal ini berdasarkan ketentuan dari Kwartir Nasional. Selain itu, mereka juga didampingi oleh dua orang pendamping.

BACA: Rakerda Dan Sidparda Kalsel 2022, Gerakan Pramuka Kalsel Terus Bergerak

“Kita ada penggalang 16 orang dan dua pendamping. Ada juga empat disabilitas, yaitu dua perempuan dan dua laki-laki yang masing-masing memiliki pendamping karena disabilitas tidak bisa jika tidak didampingi,” kata dia.

Ketua Kwarcab Kota Banjarmasin ini berharap pula agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan sukses. “Jika ada perlombaan, semoga kita mendapatkan juara dan terbaik. Harapannya pramuka kita semakin bagus dan selalu cinta NKRI,” harapnya.

Di samping itu, pelatih pramuka penggalang Kwarcab Kota Banjarmasin mengungkapkan, penggalang yang terpilih untuk mengikuti kegiatan Jambore Nasional XI ini sebelumnya telah melewati tahap seleksi yang diadakan pada awal Februari 2022 lalu.

“Semua ini perwakilan, ada seleksi. Jadi dari sekian orang diseleksi, ini yang terpilih dan memang terbaik,” ujar Sujarwanto.

BACA JUGA: Pramuka Banjarmasin Gelar Jambore

Adapun agenda yang diadakan dalam Jambore Nasional XI, Sujarwanto menjelaskan bahwa nanti akan ada banyak penampilan seperti tarian, yel-yel, teknik kepramukaan (tekpram), memanah, dan ada pula wisata.

“Jambore itu pesta, yang ditampilkan nanti itu ada 27 penampilan. Ada memanah, renang, tari, kreasi, yel-yel, tekpram, dan banyak lagi semua akan ditampilkan. Kalau tarian yang ditampilkan oleh Kwarcab Kota Banjarmasin itu nanti Tari Bapalas Banua,” jelasnya.

Dirinya juga menjelaskan, penampilan-penampilan tersebut bukan termasuk perlombaan, tetapi akan ada penilaian dan penentuan Penggalang Idola Jambore Nasional XI.

“Bukan bersifat lomba, tapi ada penilaian seperti Penggalang Idola Jambore Nasional XI. Semua kategori mudah-mudahan ada masuk perwakilan kita,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Ummu Hani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.