Rakerda Dan Sidparda Kalsel 2022, Gerakan Pramuka Kalsel Terus Bergerak

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan Sidparda Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Kalimantan Selatan meminta, agar Gerakan Pramuka di Kalsel untuk bangkit secara nyata, cepat dan bijak.

HAJI Sahbirin Noor yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Kwarda Kalsel, mengapresiasi terlaksananya Rakerda dan Sidparda yang diselanggarakan 15-16 Maret 2022 ini. Menurutnya, sebagai bukti bahwa organisasi Gerakan Pramuka di Kalsel terus bergulir dan bergerak maju untuk memantapkan sinergitas organisasi dan membangun kebersamaan dan gerakan kepanduan yang berkualitas.

“Dalam dua tahun terakhir, banyak keterbatasan aktivitas karena pandemi Covid-19, tak terkecuali kegiatan kepanduan di daerah. Seiring kondisi kasus Covid-19 mulai melandai, kondisi ini harus direspon dengan melaksanakan kembali gerakan kepramukaan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” ucapnya.

BACA: Hj Raudatul Jannah Berbuka Puasa Bersama Anggota dan Pengurus Kwarda Pramuka Kalsel

Sementara, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalsel Hj Raudatul Jannah mengatakan, Rakerda dan Sidparda bertujuan mengkoordinasikan program, inovasi antar-kwarda dan kwarcab di Kalsel, sehingga eksistensi Gerakan Pramuka dan kiprahnya akan dirasakan langsung oleh masyarakat luas.

Hj Raudatul Jannah juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan yang diberikan Gubernur Kalsel yang juga selaku Kamabida Gerakan Pramuka Kalsel. “Terima kasih kepada Gubernur Kalsel Kak Haji Sahbirin Noor yang banyak memberikan arahan, dukungan, dan support anggaran, sehingga eksistensi gerakan Pramuka di Kalsel sangat signifikan kemajuanya dan perannya dirasakan masyarakat,” ujarnya.

Rakerda Kwarda Kalsel 2022 merumuskan langkah-langkah strategis pendidikan kepramukaan untuk memantapkan Gerakan Pramuka di Kalsel dengan moto Terus Bergerak.

Salah satu rumusan langkah strategis yang akan dicapai adalah, rencana mengikuti Jambore Nasional pada Agustus 2022 mendatang. Dengan melibatkan Pramuka Penggalang se-Kalsel, Kwarda Kalsel perlu mengambil langkah tepat dalam mengikuti kegiatan tersebut, meski diketahui kondisi pandemi telah melandai.

BACA JUGA: Pramuka Banjarmasin Gelar Jambore

Dengan menyampaikan syarat dan ketentuan dari Kwartir Nasional, Rakerda Kalsel merumuskan untuk seluruh kwartir cabang dapat memenuhi ketentuan yang disampaikan. Diantaranya calon peserta yang sehat jasmani dan rohani dan telah divaksin hingga pembina pendamping yang selalu konsisten dalam mendampingi peserta didiknya.

Selain itu, untuk mencapai keserasian dan kekompakan kontingen dalam mengikuti Jambore Nasional 2022, Kwarda Kalsel akan menggelar Jambore Daerah pada bulan Juni 2022 mendatang.

Sementara, Sidang Paripurna Daerah (Sidparda) Kalsel 2022 diikuti anggota dewan kerja pramuka se-Kalsel. Sebagai kader pemimpin Gerakan Pramukan, Sidparda dijadikan ruang belajar dalam memahami dan mengelola kwartir. Sehingga kedepannya, para kader pemimpin pramuka sudah terlatih dalam menjalankan manajemen organisasi di tingkat kwartir.

Dalam kesempatan yang sama, kilas balik kegiatan pramuka Kalsel yang dilaksanakan pada tahun 2021 juga disampaikan. Diantaranya kegiatan pembinaan rohani, seperti MQ virtual pada bulan Juli – Agustus 2021. Pembinaan mental dan bela negara, seperti kegiatan Karya Bakti Lebaran dan Pramuka Peduli, hingga pengembangan pendidikan kepramukaan, seperti kursus pelatih dan lokakarya Pramuka Garuda.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.