Lakukan Penipuan Lebih Dari 50 Kali, 3 Pelaku Berhasil Dijemput Resmob Macan Kalsel

0

BERKEDOK menjual bahan bakar minyak (BBM) jenis solar dengan harga murah, PT Virgo Samudera Jaya ditipu oleh komplotan pelaku dengan transaksi pembelian BBM senilai Rp 947.100.000.

AWALNYA pelaku berinisial AN mengatasnamakan PT Trikarya Wiguna menawarkan BBM jenis solar dengan harga Rp 9.020 per liter kepada PT Virgo Samudera Jaya, sementara harga umum di atas Rp 15.000 per liter.

Setelah harga sepakat, AN meminta pihak PT Virgo Samudera Jaya mentransfer uang, kemudian AN menghubungi PT Trikarya Wiguna agar mengirim solar dan bongkar muat solar dilakukan, selanjutnya pihak PT Trikarya Wiguna meminta pembayaran.

BACA: Lakukan Penipuan Online, WNA Asal Nigeria Diamankan Jajaran Ditreskrimsus Polda Kalsel

Aksi AN terbongkar setelah PT Virgo Samudera Jaya mengaku sudah melakukan pembayaran kepada PT Trikarya Wiguna melalui AN.

Setelah kejadian tersebut akhirnya PT Virgo Samudera Jaya melaporkan AN ke Ditreskrimum Polda Kalsel, penyelidikan dilakukan hingga dilakukan penangkapan terhadap AN.

Aksi penipuan tersebut ternyata tidak hanya dilakukan AN sendiri, namun ia dibantu oleh YI dan RO. Petugas awalnya mengamankan YI di Sidoarjo, Minggu (26/6/2022), kemudian RO ditangkap di Malang dan AN ditangkap di Denpasar, Senin (27/6/2022).

BACA JUGA: Raup Omzet Rp 90 Juta, Komplotan Penipuan SIM Bodong Diringkus Resmob Polda Kalsel di Samarinda

Direktur Reskrimum Polda Kalsel, Kombes Pol Hendri Budiman melalui Kabid Humas Kombes Pol Mochamad Rifa’i saat dikonfirmasi Rabu (6/7/2022) mengatakan, ketiga pelaku ini mempunyai peran masing-masing.

“Saat ini penyidik terus melakukan pengembangan, dan para pelaku kini diamankan di Kantor Ditreskrimum Polda Kalsel,” paparnya.

Kepada petugas ketiga pelaku ini mengaku aksi penipuan bukan kali pertama mereka lakukan namun diduga ada lebih dari 50 korban lainnya yang sudah berhasil ditipu.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.