2 Tahun Sempat Ditutup, Layanan Pembesuk di Rutan Tanjung Dibuka dengan Syarat

0

USAI dua tahun lebih, layanan kunjungan atau bezuk di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIb Tanjung ditutup, kini para pembesuk sudah bisa menikmati layanan itu terhitung sejak Selasaa (5/7/2022).

DITUTUPNYA layanan kunjungan ini sendiri dikarenakan pandemi Covid -19 yang mewabah di seluruh dunia.

Kepala Rutan Tanjung Rommy Waskita Pambudi mengatakan dibukanya kembali layanan kunjungan ini sesuai Surat Edaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS-12.HH.01.02 Tahun 2022, yang memperhatikan perkembangan pandemi Covid-19 yang telah menunjukkan tren menurun.

“Saat ini pandemi Covid – 19 sudah menunjukkan tren menurun, karenanya sesuai Surat Edaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, layanan kunjungan untuk Rutan Tanjung kembali dibuka,” ujar Tommy Waskita Pambudi kepada awak media di Tanjung, Rabu (6/7/2022).

BACA : Deteksi Penyakit 217 Warga Binaan, Rutan Tanjung Terjunkan Petugas Kesehatan

Meski sudah kembali dibuka, Tommy mengatakan untuk jadwal kunjungan sendiri masih dibatasi. “Untuk hari Selasa kunjungan khusus untuk narapidana. Sedangkan, pada hari Kamis untuk tahanan,” ujarnya.

Kunjungan tersebut, dimulai pada pukul 08.30 hingga 11.30 waktu setempat. Juga pada pelaksanaannya dilaksanakan secara terbatas hanya untuk keluarga warga binaan pemasyarakatan (WBP) saja.

“Bagi pengunjung diwajibkan untuk menunjukan kartu identitas (KTP/KK/SIM) dan bukti atau sertifikat telah menerima vaksin dosis ke-3 atau booster,” kata Tommy.

BACA JUGA : 102 WBP Rutan Tanjung Terima Remisi, 3 Orang Langsung Bebas

“Bagi para pengunjung, diwajibkan untuk memperlihatkan Kartu Identitas juga bukti telah menerima vaksin booster Dan apabila baru menerima vaksin pertama dan kedua, perlu menunjukan surat keterangan rapid/swab antigen dengan hasil negatif, atau tidak dapat menerima vaksin Covid-19 karena alasan sakit”  papar Rommy lagi.

Kebijakan ini menjadi angin segar pengobat rindu dan memberikan dampak positif kepada WBP  agar lebih tenang dalam menjalani sisa masa pidana.

BACA JUGA : 103 WBP Rutan Tanjung Terima Vaksin Booster Dukung Program Percepatan Vaksinasi

Seperti Rasyid. Warga binaan pemasyarakatan Lapas Tanjung menerima kunjungan perdananya mengaku senang dengan diberlakukanya layanan kunjungan secara tatap muka.

“Alhamdulillah, senang rasanya bisa bertemu secara langsung dengan keluarga, tidak pakai video call lagi,” ucap Rasyid dengan senyum sumringah.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.