Penghitungan Suara Masih Berlangsung, Koalisi Masyarakat Peduli Demokrasi Gelar Demonstrasi di KPU Kalsel

0

PENGHITUNGAN rekapitulasi suara berjenjang masih berjalan di kecamatan, mengawal rangkaian tersebut Koalisi Masyarakat Peduli Demokrasi (KMPD) Kalimantan Selatan menggelar demonstrasi di depan Kantor KPU Kalsel, Sabtu (24/2/2024).

AKSI yang berlangsung di Jalan A Yani, Km 3, Banjarmasin itu, oleh KMPD Kalsel yang berharap tidak ada intimidasi dari pihak manapun, agar Kalsel aman dan kondusif.

Koordinator aksi, Din Jaya menyatakan dukungan penuh kepada KPU Kalsel, yang telah berhasil melaksanaan pemilu pada Rabu 14 Februari kemarin. “Kami juga menyampaikan bela sungkawa, berduka cita kepada semua anggota KPPS yang sakit, bahkan meninggal dunia dalam melaksanakan tugas pemilu di hari pencoblosan kemarin,” katanya.

BACA: Pemilu Damai 2024, LSM Anti Korupsi Kalsel: Jangan Sampai Ada Kecurangan

Din Jaya merasa prihatin terhadap oknum-oknum tidak bertanggungjawab yang menyatakan bahwa pemilu tidak adil dan para KPPS dituduh curang. “Dimana kecurangannya? Buktikan! Kita negara hukum, jangan cuma ngomong,” teriaknya dengan keras.

“Kalau ada kecurangan, silahkan laporkan ke Bawaslu, jangan hanya ngomong di medsos. Itu adalah provokator yang tidak bertanggungjawab, yang hanya ingin memecah belah persatuan di antara kita,” lanjutnya.

Din Jaya berharap kepada kepolisian, apabila ada orang yang memprovokasi dalam Pemilu 2024 ini, agar segera ditangkap. “Mereka adalah pengkhianat bangsa, tidak berterimakasih kepada para KPPS yang bekerja siang dan malam, apakah mereka curang? Seharusnya kita bangga kepada mereka, bukan dihujat dan di fitnah,” tegasnya.

BACA JUGA: Independensi Penyelenggara Pemilu di Tengah Arus Besar Kekuasaan

Sementara itu, Komisioner KPU Kalsel yang juga Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Arif Mukhyar mengatakan, pelaksanaan pemilu 14 Februari 2024 yang lalu di Kalsel berjalan dengan aman dan kondusif.

“Kami mengapresiasi, atas empati para demonstran terhadap petugas kami, para Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang bekerja luar biasa, mereka memang pejuang-pejuang demokrasi kami, orang-orang pilihan yang bertugas di TPS untuk melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara ditingkat yang paling pertama,” imbuhnya.

Kami juga memastikan petugas-petugas itu akan dipedulikan. “Terhadap mereka yang sakit dan meninggal dunia, kami akan mendata, kemudian kami sampaikan kepada KPU RI untuk mendapatkan bantuan,” paparnya.

Di akhir aksi, para demonstran menggelar doa bersama untuk para ‘pejuang demokrasi’, yang saat ini sakit agar segera bisa sembuh, para demonstran kemudian meninggalkan Kantor KPU Kalsel dengan tertib.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.