Warga Pasar Batuah Blokade Jalan Manggis Dan Veteran, Tutup Akses Aparat Gabungan

0

RATUSAN warga Kampung Batuah hingga siang hari ini masih bertahan memblokade jalan. Mereka duduk di persimpangan Jalan Manggis dan Jalan Veteran yang menjadi akses masuk area Pasar Batuah, Banjarmasin, Sabtu (18/6/2022).

DENGAN membentangkan spanduk bertuliskan “Eksekusi hanya dapat dilakukan terhadap putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap (BHT), atas perintah dan dibawah pimpinan Ketua Pengadilan TUN (Pasal 115 dan 116 UU Nomor 5 Tahun 1986)”.

“Jangan bongkar rumah kami, bagaimanapun kami akan tetap bertahan disini sampai ada putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap,” ucap salah satu warga.

BACA : Besok Pagi Kampung dan Pasar Batuah Dibongkar, Jalan Veteran Ditutup Total, Ini Skenarionya!

Mediasi juga sempat kembali digelar. Namun tidak menemukan kata kesepakatan. Sementara tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP, TNI-Polri dan Dishub Kota Banjarmasin masih berada di lokasi menunggu perintah untuk pembongkaran, bahkan beberapa alat berat sudah dipersiapkan.

“Masing-masingkan bisa melihat, mereka dengan argumen mereka, kita juga dengan argumen kita, memang tidak bisa ketemu,” ucap Sekda Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman.

BACA JUGA : Warga Batuah Surati Kapolresta, Komnas HAM Ingatkan Pemkot Banjarmasin Kedepankan Mediasi

Dia menyebut penertiban atau penggusuran tidak bisa diputuskan sekarang. Sekda Banajramsib beralasan ada pertimbangan lain dan masih menunggu kebijakan berikutnya. “Bisa jadi dibongkar hari ini, bisa juga tidak,” ucap Ikhsan.

Pendamping Aliansi Kerukunan Warga Batuah, Adenan berharap, agar hari ini tidak ada pembongkaran sampai ada putusan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Kota Banjarmasin.

“Karena saat ini masalah tersebut masih berlangsung di PTUN dan juga Pengadilan Negeri Banjarmasin,” ucap Adenan.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/06/18/warga-pasar-batuah-blokade-jalan-manggis-dan-veteran-tutup-akses-aparat-gabungan/
Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.