Besok Pagi Kampung dan Pasar Batuah Dibongkar, Jalan Veteran Ditutup Total, Ini Skenarionya!

0

RENCANA pembongkaran (eksekusi) pemukiman warga Kampung Batuah yang masuk dalam area proyek revitalisasi Pasar Batuah senilai Rp 3,5 miliar telah dimatangkan pada Sabtu (18/6/2022) pagi.

SKENARIO pembongkaran pemukiman Kampung Batuah di RT 11 dan RT 12 Kelurahan Kuripan, Banjarmasin Timur yang dihuni sekitar 191 kepala keluarga (KK) terdiri dari 317 jiwa beredar di tengah masyarakat Batuah.

Sedikitnya ada 11 skenario yang akan dijalankan Pemkot Banjarmasin dengan menggandeng banyak pihak. Termasuk, Polresta Banjarmasin, Kodim 1007/Banjarmasin, PLN, PDAM Bandarmasih serta pihak lainnya yang dimotori Satpol PP Banjarmasin. Direncanakan skenario ini dijalankan pada Sabtu (18/6/2022) pagi mulai pukul 08.00 Wita.

Langkah pertama adalah penutupan Jalan Veteran dari simpang Jalan Gatot Subroto hingga Simpang Jalan Kuripan pada pukul 07.00 Wita. Personel yang diturunkan akan parkir di Jalan Veteran dekat Pasar Batuah. Kemudian pada pukul 08.00 Wita, seluruh personel gabungan terlibat dalam penertiban dan pengamanan menggelar apel kesiapan di Jalan Veteran depan Pasar Batuah.

BACA : Beredar Perintah Bongkar Pasar Batuah Sabtu Pagi, Warga Kampung Batuah Bersiap Diri

Sebelumnya, tim pengumpulan bahan keterangan (pulbaket) diterjunkan ke lokasi , disusul tim hunting bergerak ke lokasi sasaran (Pasar Batuah). Berikutnya, tim PLN dan PDAM Bandarmasih melaksanakan tugasnya (pemutusan aliran listrik dan leding) dengan pengawal ketat personel pengamanan. Puncaknya, personel Satpol PP Kota Banjarmasin akan melakukan pembongkaran dimulai dari sisi sebelah Jalan Manggis dengan alat berat dengan pengawalan tim negosiator, Dalmas, Polwan dan dibackup personel Kodim dan Denpom.

BACA JUGA : Dilema Revitalisasi Pasar Batuah, Habib Fathur Ingatkan Walikota Ibnu Sina Utamakan Sisi Kemanusiaan

Benda berharga dari pembongkaran pemukiman warga Kampung Batuah akan diamankan di Kantor Lurah Kuripan yang lokasinya tak jauh dari tempat sasaran. Skenario lainnya jika ternyata ada perlawanan dari massa hingga berbuat anarkis, maka Dalmas Inti Polresta Banjarmasin akan bergerak dan merapat ke sisi Pasar Batuah, Jalan Manggis dengan ikatan kompi. Bahkan, tim hunting dan tim tindak bergerak untuk menandai para provokator dan melakukan penangkapan (jika diperlukan).

BACA JUGA : Gugat Walikota Ibnu Sina ke PN Banjarmasin, Warga Kampung Batuah Tuntut Ganti Rugi Rp 10 Miliar

Sejumlah warga Jalan Veteran, Banjarmasin Timur sudah merasakan aparat yang akan terlibat dalam ‘aksi penggusuran’ Kampung Batuah. Ketua Aliansi Warga Kampung Batuah, Muhammad Syahrian Noor pun mengakui sejak beredar kabar rencana penertiban cukup banyak personel kepolisian datang ke kampungnya.

BACA JUGA : Personel Loreng-Loreng dan Berseragam Cokelat Masuk Pasar Batuah, Ada Apa?

“Kami imbau warga Batuah agar tak berbuat anarkis jika memang besok akan ada tindakan penertiban. Sebab, warga Kampung Batuah menghormati proses hukum karena perkara ini masih berlangsung di PTUN dan PN Banjarmasin,” kata Syahrian Noor kepada jejakrekam.com, Jumat (17/6/2022).

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Banjarmasin Ahmad Muzaiyin membenarkan kabar adanya penertiban terhadap pemukiman warga Kampung Batuah, usai tenggat waktu telah berakhir. “Namun, sebaiknya tunggu besok saja,” kata mantan Camat Banjarmasin Timur ini singkat.

BACA JUGA : Eksekusi Kampung Batuah Dideadline Berakhir Besok, 75 Unit Kamar Disiapkan Di Rusunawa Ganda Maghfirah

Informasi didapat jejakrekam.com, dalam ‘operasi pengamanan’ Pasar Batuah ini akand diterjunkan personel gabungan. Terdiri dari tim Resmob, Tim TIndak, 2 pleton Ditsamapta Polda Kalsel dan 20 personel Polwan. Ini belum termasuk dalam personel yang diterjunkan Satpol PP, Dinas Damkar, Dinas Perhubungan dan lainnya.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/06/17/besok-pagi-kampung-dan-pasar-batuah-dibongkar-jalan-veteran-ditutup-total-ini-skenarionya/,pasar batuah veteran banjarmasin
Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.