Dinas Kesehatan Barito Utara Laksanakan Pertemuan Koordinasi Pokjanal Posyandu

0

DINAS Kesehatan Kabupaten Barito Utara, melaksanakan pertemuan Koordinasi Kelompok Kerja Operasional Pelayanan Terpadu dalam menggerakkan masyarakat di wilayah Kabupaten.

KEGIATAN dilaksanakan di aula Dinas Kesehatan ,dengan mengundang tenaga teknis di Puskesmas, dinas Sosial PMD dan Dinas Pendidikan, Kamis (9/6/2022).

Sekretaris Daerah Drs Muhlis saat membuka kegiatan mengatakan, untuk meningkatkan koordinasi, pembinaan fasilitasi, advokasi dan dukungan dalam rangka meningkatkan posyandu, maka diperlukan komitmen, kesamaan pemahaman dan kerja sama.

BACA: Workshop Akreditasi UPT Laboratorium Kesehatan oleh Dinkes Barito Utara

Sehingga akan terjadi sinkronisasi dan kerja sama lintas sektor di tingkat kabupaten. Oleh karena itu dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dan pemberdayaan perlu terjalin kerja sama lintas sektor dan organisasi masyarakat terkait.

Menurutnya, kelompok kerja operasional binaan Posyandu memiliki tanggungjawab yang besar untuk meningkatkan koordinasi. Hal ini untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam rangka mendorong peningkatan kesejahteraan di bidang layanan sosial dasar.

“Perlu diperkuat koordinasi antar perangkat daerah melalui wadah kelompok kerja operasional pembinaan posyandu baik ditingkat pusat sampai desa,” kata Muhlis.

BACA JUGA: Pantau Pelayanan Puskesmas, Dinas Kesehatan Barito Utara Evaluasi Kinerja 2021

Dijelaskannya dalam rangka meningkatkan mutu sumberdaya manusia sebagai potensi pembangunan bangsa agar dapat membangun dan menolong dirinya sendiri, merupakan tanggungjawab bersama antara pemerintah dan masyarakat, maka Posyandu cukup strategis dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia sejak dini perlu ditingkatkan pembinaannya.

Kepala Dinas Kesehatan Siswandoyo mengatakan, tujuan pelaksanaan mesinkronkan persepsi dan koordinas antara lintas sektor dalam rangka peningkatan peran Pokjanal. Selain itu juga menselaraskan program kegiatan berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat khususnya kegiatan pembinaan Posyandu.

Adapun jumlah peserta dua puluh lima orang terdiri dari lintas sektor lintas program yang merupakan anggota Pokjanal Posyandu Kabupaten.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.