Laksanakan Sholat Idul Fitri Di Halaman Masjid Raya Sabilal Muhtadin, H Sahbirin Noor Sempat Ajak Jamaah Bershalawat Bersama

0

LANTUNAN takbir, tahlil, tahmid dan tasbih menggema di halaman Masjid Raya Sabilal Muhtadin, saat pelaksanaan shalat Ied Idul Fitri , Senin (2/5/2022) pagi.

HALAMAN depan masjid terbesar di Kalsel, yang berada di Jalan Sudirman dan Jalan R Soeprapto, terlihat memutih dipenuhi jamaah laki-laki, sementara untuk jamaah wanita berada di dalam runag induk masjid.

Dalam kesempatan yang sama, hadir Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto, Ketua DPRD Kalsel Supian HK, Kepala Kanwil Kemenag Kalsel H Muhammad Tahmbrin, para Forkompida Kalsel, para Pimpinan SKPD Pemprov Kalsel, serta para ulama dan tokoh masyarakat membaur bersama umat yang melaksanakan shalat Ied.

BACA: Terkumpul Puluhan Juta, Ribuan Warga Bayar Zakat Fitrah di Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Shalat Ied diimami KH Ahmad Mulkani yang juga sekaligus menjadi khatib khutbah.

KH Ahmad Mulkani dalam Khutbahnya mengajak kepada jamaah untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan dan memperbanyak syukur kepada Allah SWT atas limpahan rahmat dan nikmat-Nya serta karunia-Nya yang tiada terhingga.

“Idul Fitri maknanya ialah secara bahasa kembali kepada kemurnian, kesucian. Semoga dengan kemuliaan, keberkahan bulan suci Ramadhan yang telah kita lalui bersama sama, dengan amal ibadah yang kita lakukan, dan doa-doa yang kita panjatkan, semoga hari ini kita betul- betul mendapatkan makna Idul Fitri tersebut,” ujarnya.

“Segala amal diterima, segala dosa diampuni, segala hajat dikabulkan, Aamiin Yaa Robbal Al-Amin,” sambungnya.

BACA JUGA: Dipadati Ribuan Jamaah, Posisi Imam di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Terpaksa Dipindah ke Teras

Dalam Khutbah KH Ahmad Mulkani, saat hari raya Idul Fitri, Allah SWT menyebarkan malaikat-malaikat-Nya ke setiap negeri-negeri. Mereka berdiri di setiap pintu-pintu, gang-gang, dan kampung-kampung. Mereka akan berseru dengan suara yang didengar oleh semua mahluk ciptaan Allah kecuali jin dan manusia.

“Mereka berkata: wahai umat Nabi Muhammad, keluarlah kalian menuju Tuhan yang maha pemurah, yang memberi balasan yang besar dan mengampuni dosa-dosa yang besar,” ucapnya.

“Hari raya Idul Fitri tidak diperuntukkan bagi orang yang memakai pakaian baru tanpa cacat, hara raya Idul Fitri diperuntukkan bagi orang yang semakin bertambah ibadah dan taat. Hari raya Idul Fitri tidak diperuntukkan bagi orang yang bagus pakaian dan kendaraannya, hari raya Idul Fitri diperuntukkan bagi orang yang diampuni dosa-dosanya,” bebernya.

BACA LAGI: Diikuti Ratusan ASN Lingkup Pemprov Kalsel, Paman Birin Bersih-Bersih Kawasan Mesjid Raya Sabilal Muhtaddin 

Ulama asal Kota Banjarmasin ini mengutip sebuah hadits: “Wahai Ramadhan, apakah aku akan hidup setahun kedepan? Sehingga aku akan kembali dengan mu. ataukah aku akan mati sehingga tidak akan bertemu dengan mu lagi.”

Sebelumnya, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menyampaikan sambutannya kepada jamaah dan umat muslim di Kalimantan Selatan. Beliau memohon ampun dan maaf kepada warga Kalimantan Selatan, apabila ada kesalahan atau kekeliruan dalam kepemimpinannya sebagai kepala daerah.

Dan dipenghujung sambutannya, H Sahbirin Noor sempat mengajak jamaah untuk beshalawat bersama. Dengan meletakkan harapan agar Kalimantan Selatan mendapat keberkahan, ampunan dan ridho dari Allah SWT.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/05/02/laksanakan-sholat-idul-fitri-di-halaman-masjid-raya-sabilal-muhtadin-h-sahbirin-noor-sempat-ajak-jamaah-bershalawat-bersama/
Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.