Husairi Abdi

Dipadati Ribuan Jamaah, Posisi Imam di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Terpaksa Dipindah ke Teras

0

RIBUAN jamaah memenuhi setiap sudut Masjid Raya Sabilal Muhtadin, untuk menunaikan salat tarawih mengawali Ramadan 1443 Hijriah, Minggu (3/4/2022).

SEJAK Shalat Magrib para jamaan sudah memadati Masjid Sabilal Muhtadin. Bertindak sebagai imam salat taraweh, KH Saiful Rahman yang merupakan imam tetap di Masjid Raya Sabilal Muhtadin.

Banyaknya jamaah yang datang membuat halaman masjid terbesar di Kalsel ini pun juga penuh. Tak hanya dishaf aki- laki, pada barisan shaf perempuan juga tak terlihat ada ruang kosong.

BACA : Shalat Tarawih Malam Pertama Ramadhan, 3 Masjid Muhammadiyah Dipenuhi Jamaah

Saking membludaknya jamaah, posisi imam yang biasanya dekat mimbar terpaksa  dipindahkan ke teras masjid .

Seorang jamaah asal Kelayan Tengah, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Basri , mengaku rutin menunaikan shalat sunnah taraweh berjamaah di Masjid Sabilal.

“Saya hanya ingin melaksanakan shalat tarawih di Masjid Raya saja. Shalat disini ada terasa beda di tempat lain, terutama yang menjadi imam dan membaca salawat para qori,” ujarnya.

Selain dari Kota Banjarmasin, Jamaah yang salat tarawih di Masjid Raya Sabilal Muhtadin ini juga ada   berasal dari  Mandastana,  Kabupaten Barito Kuala, Mihran (40).

BACA JUGA :  Awal Ramadhan 1443/2022 Berpotensi Berbeda, MUI Kalsel Desak THM Ditutup Total

“Saya setiap awal Ramadan pasti saya sempatkan sholat teraweh pertama di Masjid Sabilal,” ujar Mirhan yang datang bersama anaknya . 

Sebelumnya, Pemerintahan melalui Kementerian Agama  menetapkan awal puasa 1 Ramadhan 1443 H atau Ramadhan 2022 jatuh pada  Minggu 3 April 2022 berdasarkan hasil sidang isbat. Dalam pelaksanaan sidang isbat untuk menentukan awal puasa di Bulan Ramadhan 1443 H dilakukan oleh banyak pihak mulai dari pakar hingga ormas Islam.

Hasil sidang isbat yang dilakukan pada Jumat (1/4/2022) malam  telah menetapkan awal puasa Ramadhan 1443 H. Kegiatan ini diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Ramadhan 1443 H.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.