Diikuti Ratusan ASN Lingkup Pemprov Kalsel, Paman Birin Bersih-Bersih Kawasan Mesjid Raya Sabilal Muhtaddin 

0

MENJELANG bulan suci Ramadan 1443 Hijriah, Gubernur Kaliman Selatan H Sahbirin Noor mengajak jajarannya di lingkup pemerintah provinsi setempat, melakukan aksi bersih-bersih di kawasan Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Sabtu pagi (2/4/2022).

SEDIKITNYA 10 satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemprov Kalsel terlibat dalam kegiatan ini. Antara lain Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sosial, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Satuan Polisi PP dan Damkar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, BPSDMD, Biro Umum dan Adpim, Dinkes, ESDM, Sekwan dan Dinas Kehutanan.

“Bersih-bersih ini kita lakukan agar lingkungan mesjid lebih rapi, indah dan nyaman bagi jemaah yang beribadah di bulan Ramadan nantinya, baik ibadah wajib maupun ibadah sunat seperti tarawih,” ujar Paman Birin, sapaan Sahbirin Noor saat diwawancarai di sela-sela kegiatannya.

BACA: Paman Birin Monitoring Harga Sembako di Pasar Bauntung

Paman Birin juga mengimbau masyarakat agar tetap menjaga kebersamaan, meskipun terjadi perbedaan seperti penetapan awal Ramadan tahun ini.

Diketahui, tahun ini pemerintah menetapkan awal puasa jatuh pada Minggu tanggal 3 April 2022, sementara sebagian muslim lainnya sudah memulainya pada Sabtu (2/4/2022).

“Jangan kita bermusuhan dalam perbedaan, justru karena perbedaan itu kita bersatu,” pesannya.

Selain turun langsung membersihkan kawasan masjid, Paman Birin meminta dinas terkait melakukan tindakan terhadap aliran air di sungai yang ada di area masjid. Karena ia melihat kondisi air yang keruh kehitam-hitaman serta tidak mengalir.

“Coba dicari dimana masalahnya, lalu lakukan tindakan,” perintahnya kepada Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar yang saat ini masih merangkap Kepala Dinas PUPR itu.

BACA JUGA: Gubernur Sahbirin Noor Terus Gelorakan Program Revolusi Hijau

Tidak hanya kondisi sungai yang jadi perhatian Paman Birin. Air kolam depan mesjid juga tak luput dari pantauannya, dengan menyuruh sejumlah petugas untuk menguras air dan membersihkan kolam.

Selanjutnya, ia meminta beberapa bagian di kawasan itu, dilakukan pengecatan sehingga warnanya lebih bersih dan indah.

Aksi bersih-bersih dilakukan masing-masing SKPD sesuai pembagian area untuk mudahkan kordinasi. Aksi ini dilakukan mulai membersihkan rumput, memotong ranting, memungut sampah plastik, hingga menyiram area depan mesjid dengan mengerahkan satu unit mobil pemadam kebakaran dari Satpol PP dan Damkar Pemprov Kalsel.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.