Terkumpul Puluhan Juta, Ribuan Warga Bayar Zakat Fitrah di Masjid Raya Sabilal Muhtadin

0

BADAN Amil Zakat (Baz) Masjid Raya Sabilal Muhtadin telah merampungkan penerimaan zakat fitrah jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Rabu (12/5/2021) malam.

DARI catatan BAZ Masjid Raya Sabilal Muhtadin, ada 665 orang yang menyalurkan zakat dalam bentuk uang tunai sebanyak Rp 32.853.000. Sementara, ada 521 jiwa yang berzakat dalam bentuk beras.

Kemudian, masjid raya juga turut menerima zakat maal dari 17 orang dengan nilai Rp 65.130.000. “Sehingga, jika ditotal, maka baik zakat fitrah dan zakat maal ada sebanyak Rp 97.983.000,” kata Sekretaris Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Syamsu Rani kepada jejakrekam.com.

Syamsu menjelaskan, hasil zakat dari warga ini bakal disalurkan kepada sejumlah mustahiq (penerima zakat). Dia mencontohkan yang paling terdekat adalah para satpam, petugas kebersihan, hingga tukang parkir Masjid Raya Sabilal Muhtadin.

“Kemudian baru diantar kepada warga di luar yang berhak menerima oleh petugas kami. Jadi, warga tidak (perlu) datang lagi ke masjid,” ujar Samsu yang juga Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari ini.

BACA JUGA: Tak Ada Larangan Shalat Id di Banjarmasin, Pemkot Cuma Ingatkan Prokes

Adapun penyalurkan zakat langsung disalurkan pada Rabu (12/5/2021) malam hingga pagi hari menjelang pelaksanaan shalat Idul Fitri. Ia pun berharap penyaluran zakat dapat berlangsung tertib selama waktu yang telah ditentukan.

Sementara itu, Samsu juga menerangkan untuk pelaksanaan shalat id di masjid raya akan diimami oleh Ahmad Bugdadi. Sedangkan, Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, Noor Fahmi akan menjadi khatib saat ibadah tersebut.

Dia menambahkan, panitia akan menyiapkan empat orang petugas pengukur suhu tubuh, 10 orang petugas penyedia hand sanitizer, 20 orang petugas jaga jarak khusus laki-laki, serta 12 orang petugas jaga jarak untuk jemaah perempuan.

“Ada juga disiapkan dua orang pengimbau protokol kesehatan. Apabila ada jemaah yang tidak membawa masker, pihak kami akan menyiapkannya,” tutup Samsu. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.