Viral Foto Polisi ‘Seret’ Warga di Paringin, Ini Penjelasan Kepala Satlantas Polres Balangan

0

FOTO yang menggambarkan aksi empat polisi menyeret seorang pria di ruas jalan raya di Paringin, Kabupaten Balangan menjadi viral media sosial, hingga mengundang reaksi beragam dari warganet.

INSIDEN itu diketahui terjadi pada Kamis (21/3/2022), tepatnya di depan pos Satlantas Kecamatan Paringin. Saat itu, seorang personel polisi lalu lintas tengah menggelar gigat pembautan pos pengamanan Ramadhan di Pos Lantas Paringin.

Menyikapi viralnya foto sekelompok polisi yang menyeret seorang warga, Kepala Satlantas Polres Balangan AKP Imam Suryana, angkat bicara. Ia menjelaskan kronologi kejadian yang terekam dalam foto yang tengah jadi buah pembicaraan warganet itu.

“Saat itu, memang benar terjadi penangkapan pelanggar lalu lintas saat penjagaan pengamanan jalur. Namun, bukan tindakan penganiayan terhadap pengguna kendaraan bermotor itu,” ucap AKP Imam Suryana kepada awak media di Paringin, Sabtu (23/4/2022).

BACA : Diduga Balapan Liar, Belasan Remaja Berdalih ‘Bagarakan Sahur’ Kena Razia Polres Balangan

Dia menceritakan saat itu, ada anggota polantas yang tengah mengatur lalu lintas di depan pos lantas Paringin. Ketika itu, melihat pengendara motor berboncengan dari arah Tanjung menuju ke arah Hulu Sungai Tengah (HST) tak mengenakan helm.

“Kemudian, polisi melakukan tindakan perlambatan arus terhadap pengendara tersebut. Setelah mendekati pengendara itu, ternyata dia  menaikkan kecepatan hingga menabrak petugas. Akibat, anggota kami mengalami luka lebam di bagian paha kanan dan luka lecet pada siku sebelah kanan,” tutur Imam.

Usai menabrak petugas, pemotor itu kemudian menyenggol anggota lainnya yang berada di tepi jalan. Saat itu, pengendara motor itu terjatuh. Hingga, yang bersangkutan mengalami luka robek, tulang jari retak seta tendon jari telunjuk putus pada jari telunjuk sebelah kanan.

BACA JUGA : 14 Hari Menekan Penyebaran Covid-19, Polres Balangan Gelar Operasi Keselamatan Intan 2022

“Tiga anggota Satlantas Polres Paringin yakni Briptu Riadi, Bripda Rio dan Briptu Egi mengalami luka agak parah. Sedangkan Briptu Egi mengalami luka berat sampai harus dilarikan ke RSUD Balangan untuk dilakukan operasi,” papar Imam.

Usai jatuh, pengendara motor dan pembonceng berusaha kabur meninggal kendaraan bermotor ke arah Jembatan Paringin. Petugas tak tinggal diam mengejar dan menangkapnya, hingga diamankan di Pos Lantas Paringin.

“Pembonceng yang melarikan diri diamankan petugas di pemukiman penduduk belakang SMAN 1 Paringin. Dia juga dibawa ke Pos Lantas Paringin untuk diamankan,” kata Imam.

BACA JUGA : Operasi Jaran Intan 2022, Polres Balangan Berhasil Ungkap Kasus Curanmor, Penipuan dan Penggelapan

Ternyata, beber dia, dari hasil penyelidikan  pengendara tersebut dalam pengaruh minuman keras dan melakukan perlawanan saat dilakukan pengamanan.

“Tindakan persuasif sebenarnya telah dilakukan. Namun, karena pengendara masih terpengaruh minuman keras, akhirnya melakukan perlawan dan berontak saat dibawa petugas,” papar Imam.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, pengendara dan pembonceng pun diamankan petugas di Mapolres Balangan untuk penyelidikan lebih lanjut.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.