Pakai Alat Tradisional, Lomba Bagarakan Sahur di Balangan Diikuti Puluhan Peserta

0

PULUHAN warga Kabupaten Balangan mengikuti lomba bagarakan sahur di Taman Sanggam, Kecamatan Paringin, Sabtu (23/4/2022) dini hari.

LOMBA bagarakan sahur yang diinisiasi oleh Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Balangan ini diikuti sedikitnya 30 kelompok dan digelar dua hari hingga Minggu (24/4/2022).

Para peserta lomba diwajibkan memakai alat-alat tradisional. Ajang ini berupaya menampilkan lagi budaya membangunkan orang sahur tempo dulu.

BACA JUGA: Tradisi Bagarakan Sahur Kekinian; Dari Tabuhan Drum Hingga Gerobak Suguhkan Alunan House Music

Dewan Juri Lomba Bagarakan Sahur Balangan, Husin, menilai peserta yang tampil cukup memukau, namun ia berpesan masih perlunya latihan yang intensif untuk menampilkan bagagarakan sahur tempo dulu.

Untuk kriteria penilaian, tambahnya, perlu style atau gaya,  dan juga perlunya pengalaman dalam lomba tersebut. “Baik itu cara memukul alat tradisional dan variasinya,” kata dia.

BACA JUGA: Meski Ada Jam Malam di Banjarmasin, Tradisi Bagarakan Sahur Masih Dihidupkan

Ketua Pelaksana Lomba Bagagarakan Sahur Muhammad Aditya Haryadi  mengatakan, kegiatan ini bakal dihelat jadi ajang tahunan.

“Tidak hanya lomba bagagarakan sahur, juga ada fashion show muslimah serta ada safari ramadhan, dan bagi-bagi takjil,” tuturnya. (jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.