Terinspirasi Perjuangan RA Kartini, Kader Perempuan Demokrat HSU Bagi-Bagi Paket Sembako

0

SEMANGAT emansipasi wanita yang digaungkan pahlawan nasional, Raden Ajeng Kartini selama ratusan tahun lalu, menginspirasi kalangan perempuan Partai Demokrat di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

TULISAN RA Kartini yang terbit di majalah Belanda dalam pembelaannya terhadap kaum wanita di tanah jajahan pada 1911 dengan karya; Habis Gelap Terbitlah Terang, Kehidupan Perempuan di Desa dan Surat-Surat Putri Jawa, dijadikan semangat bagi kader Demokrat.

Untuk mewujudkan itu, dimotori Romier Emma Ramadayanti Rivilla yang akrab disapa Emma Rivilla bergerak ke lapangan. Mereka pun menyasar kalangan emak-emak yang hidup sebatang kara di Kabupaten HSU.

“Paket sembako dalam bulan suci Ramadhan ini telah kami bagikan kepada para ibu yang hidup sebatang kara dan emak-emak yang hidup membesarkan anaknya sendiri,” kata Emma Rivilla kepada jejakrekam.com, Jumat (22/4/2022).

BACA : 15 Kandidat Ketua Demokrat Se-Kalsel Telah Diuji Tim V, Akhir Maret Keputusan AHY Sudah Terbit

Menurut Emma, perlu kepedulian bersama terhadap nasib para ibu yang berjibaku dalam berjuang untuk keluarganya. Hal ini merupakan inspirasi dari gerakan kader perempuan Demokrat dalam menangkap pesan dari perjuangan RA Kartini.

“Kami melihat begitu besar perjuangan para emak-emak yang hidup sebatang dan menjadi single parent dalam membesarkan anak-anaknya. Mereka sangat membutuhkan bantuan, khususnya paket sembako di bulan puasa ini,” kata Emma.

BACA JUGA : Terpilih Secara Aklamasi di Muscab, Emma Rivilla Siap Besarkan Partai Demokrat HSU

Menurut dia, para emak-emak yang berjuang di tengah keterpurukan ekonomi akibat dihantam pandemi Covid-19 yang berlangsung lebih dua tahun ini adalah gambaran dari sosok Kartini masa kekinian.

“Dari aksi sosial ini, kami mendapat pencerahan dari mereka bagaimana bertahan di tengah masa ketidakpastian akibat pandemi. Kepada para wanita yang berjuang untuk keluarganya, kami menitip pesan dan doa agar mereka tetap sabar berjuang. Sebab, mereka yang mewarisi perjuangan RA Kartini, khususnya para wanita yang ada di Kabupaten HSU,” pungkas Emma.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.