Lokasi Strategis, Komisi V DPR RI Yakin Bandara Internasional Terwujud di Kambitin Tanjung

0

WAKIL Ketua Komisi V DPR RI dari Fraksi PPP, H Syaifullah Tamliha optimistis pembangunan bandara internasional di Desa Kambitin, Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan akan segera terwujud.

PENEGASAN ini diungkap politisi senior PPP ini usai meninjau rencana lokasi pembangunan bandara yang disiapkan Pemkab Tabalong di Desa Kambitin Kecamatan Tanjung.

“Pembangunan bandara internasional di Kabupaten Tabalong ini memang sudah dibutuhkan, hal ini untuk menunjang keberadaan Ibukota negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kaltim nantinya,” ucap Syaifullah Tamliha, saat memimpin rombongan wakil rakyat yang membidangi komisi infrastruktur dan transportasi dalam kunjungan kerja ke Kalsel.

“Rencana pembangunan bandara internasional ini sudah kami usulkan ke Kementerian Perhubungan, selama syaratnya terpenuhi tentu usulan ini akan terealisasi,” kata Ketua DPP PPP Bidang OKK ini kepada jejakrekam.com, Jumat (22/4/2022).

BACA : Dukung IKN Nusantara, Syaifullah Tamliha Usul Bandara Internasional di Kambitin Tanjung

Terlebih, menurut Syaifullah, lokasi Tabalong lebih dari 200 kilometer dari bandara terdekat seperti Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru atau Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Internasional di Balikpapan.

Masih menurut Syaifullah, syarat pembangunan bandara internasional ini jarak dengan bandara terdekat minimal 200 kilometer. Syaifullah bilang, secara ekonomis  pembangunan bandara internasional di Tabalong juga terpenuhi, karena potensi pasarnya sangat baik.

BACA JUGA : Jabat Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Syaifullah Tamliha Janji Perjuangkan Kue Pembangunan Kalsel

Rombongan Komisi V DPR RI bersama pejabat Kemenhub dan Kementerian PUPR saat meninjau lokasi rencana bandara internasional di Kambitin, Tanjung, Tabalong, Kalimantan Selatan. (Foto Herry Yusminda)

Dari amatan mantan Sekretaris Komisi III DPRD Kalsel ini, lokasi bandara internasional di Tabalong sangat strategis, karena terletak di antara tiga provinsi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. “Tabalong ini merupakan titik temu beberapa provinsi yang ada di Kalimantan,” katanya.

Bagi Syaifullah, tak hanya itu jika nantinya dibangun jalan tol dari IKN Nusantara di Kaltim, maka jaraknya hanya 139 kilometer, sehingga lokasi bandara ini cocok untuk penerbangan internasional.

BACA JUGA : Paman Birin Usulkan Infrastruktur Strategis Ke Komisi V DPR RI

“Karena dekat dengan IKN baru, evakuasi apapun yang terjadi di IKN ada bisa melalui bandara ini. Bahkan, Basarnas pun akan segera membangun kantornya di sekitar bandara ini,” ungkap Syaifullah.

Karenanya, dia mengatakan Bandara Kambitin nantinya bisa didesain multifungsi untuk pangkalan militer, khususnya TNI Angkatan Udara.

BACA JUGA : Jadi Penyangga IKN, Bupati Tabalong Usulkan 4 Program Infrastruktur ke Komisi V DPR RI

Usai kunker ke Kalsel, Syaifullah yang juga anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI dari Fraksi PPP ini memastikan akan segera menindaklanjuti hasil dari kunjungan ini. Hal ini akan jadi topik bahasan bersama pemerintah pusat di Jakarta.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.