Utus Kepala BKD ke KASN, Sekda Ikhsan Budiman : Dapat Rekomendasi, 14 Jabatan Lowong Dilelang!

0

MENUNGGU rekomendasi dari hasil asesmen dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Pemkot Banjarmasin siap melelang jabatan secara terbuka untuk 14 posisi yang lowong. Saat ini, jabatan itu masih diisi pelaksana tugas (plt) hingga banyak pejabat yang rangkap jabatan.

“KAMI sudah mengutus Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan (BKD Diklat) Banjarmasin (Totok Agus Daryanto ke KASN di Jakarta. Hari ini sudah bertolak ke Jakarta,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman kepada jejakrekam.com, Selasa (1/3/2022).

Menurut dia, hasil asesmen dari KASN menjadi dasar bagi Pemkot Banjarmasin untuk segera mengisi 14 jabatan pejabat tinggi pratama (JPT) definitif yang lowong di Pemkot Banjarmasin.

“Tentu kami akan lelang terbuka (open bidding) untuk 14 jabatan yang lowong itu,” ucap mantan Kepala Inspektorat Pemkab Tanah Bumbu.

BACA : 12 Pejabat Banjarmasin Dilantik Isi Kursi Kosong Kepala SKPD, Walikota: Mudah-mudahan Gaspol

Menurut dia, keberadaan Kepala BKD Diklat Banjarmasin ke KASN selain berkonsultasi juga menyerahkan permohonan persetujuan pelaksanaan seleksi terbuka. “Saat ini, ada 14 pejabat JPT yang kosong kami usulkan untuk segera diisi. Karena, selama ini masih dijabat pelaksana tugas atau bukan pejabat definitif,” beber Ikhsan.

Berbekal stemple rekomendasi dari KASN, Ikhsan mengatakan selanjutnya akan dibentuk panitia seleksi (pansel) dengan melibatkan para akademisi dari perguruan tinggi.

“Pansel yang sudah dipilih akan dilibatkan. Terutama, tim dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM),” ucap alumni Fakultas Hukum ULM angkatan 1996 ini.

BACA JUGA : Pindah ke Pemprov Kalsel, Kepala BPKPAD Banjarmasin Subhan Noor Yaumil Tuntaskan Tugas

Berikutnya, menurut dia, Pemkot Banjarmasin juga menyurati untuk meminta petunjuk Gubernur Kalsel Sahbirin Noor agar bisa menempatkan para pejabatnya masuk dalam pansel.

“Siapa saja yang bakal menjadi pansel mewakili Pemprov Kalsel menjadi keputusan gubernur. Sebab, dalam komposisi pansel terdiri dari akademisi perguruan tinggi, Pemprov Kalsel serta unsur lainnya,” papar Ikhsan.

Atas dasar persetujuan Gubernur Kalsel, Ikhsan mengatakan selanjutnya nanti melayangkan surat ke KASN guna meminta persetujuan kembali.

BACA JUGA : Ratusan Pejabat Pemkot Banjarmasin Dilantik, Walikota Minta Pelayanan Publik Tak Dipersulit

“Ini memang tahapannya. Jika sudah clear, kemudian kami akan umumkan seleksi pengisian 14 jabatan pejabat tinggi pratama yang lowong ke publik. Semoga saja, para pejabat yang ingin mendaftar menjadi pejabat Pemkot Banjarmasin bisa memenuhi persyaratan sesuai ketentuan yang berlaku,” tegas Ikhsan.

Untuk diketahui, 14 jabatan yang lowong di Pemkot Banjarmasin di antaranya : Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Kepala Dinas Pendidikan (Disdik), Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

BACA JUGA : Lantik 199 Pejabat Struktural di Balai Kota, Walikota Ibnu Sina: Semua Stok Baru!

Berikutnya, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang), Kepala Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD), Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBPM), Kepala Dinas Sosial (Dinsos) dan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim). (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.