Estimasi Telan Puluhan Miliar, Gedung Tambahan DPRD Kota Banjarmasin Segera Dibangun

0

GEDUNG baru DPRD Kota Banjarmasin akan segera dibangun. Tahun ini telah dilelang manajemen konstruksi pembangunan gedung DPRD Kota Banjarmasin di Jalan Lambung Mangkurat.

LOKASI gedung baru berarsitektur Banjar modern dengan tipe Gajah Manyusu ini telah direview detailed engineering design (DED) berupa gambar perencanaan hingga spesifikasi gedung tiga lantai itu tahun 2021 lalu.

Gedung tambahan ini pun melengkapi gedung utama berbentuk arsitektur Banjar model Bubungan Tinggi. Lokasinya di area parkir belakang gedung Bank Kalsel dan gedung lainnya di Jalan Lambung Mangkurat.

BACA : Estimasi Telan Dana Rp 35 Miliar, Gedung Baru DPRD Banjarmasin Bertipe Gajah Manyusu

Rencananya, gedung tambahan ini juga dilengkapi basement sebagai areal parkir,  ruang komisi, ruang kerja 41 anggota plus empat pimpinan dewan. Bahkan, ada ruang khusus media (wartawan), perpustakaan dan arsip hingga ruang serbaguna.

Dikutip dari LPSE Banjarmasin pada 15 Februari 2022 telah dilelang proyek manajemen konstruksi pembangunan gedung DPRD Kota Banjarmasin dengan pagu anggaran Rp 1,3 miliar.

BACA JUGA : Tak Lagi Nyaman, Pembangunan Gedung Baru DPRD Banjarmasin Mendesak

Proyek jasa konsultansi badan usaha usaha konstruksi (konsultan) dilelang secara terbuka oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin di LPSE. Dalam finalisasi pembahasan APBD Banjarmasin tahun anggaran 2022 telah dialokasikan tambahan dana Rp 5 miliar untuk tambahan pembangunan gedung DPRD Banjarmasin.

BACA JUGA : Gedung DPRD Kota Banjarmasin yang Lama Sering Terendam

Informasinya, berdasar estimasi dari konsultan perencana total biaya gedung tambahan DPRD Banjarmasin bisa menelan dana Rp 35 miliar. Ini belum termasuk, perabot, interior dan lainnya hingga ditaksir mencapai Rp 40 miliar. Sedangkan, alokasi anggaran yang disiapkan informasinya mencapai Rp 50 miliar. Sebab, pembangunan gedung ini disiapkan skema multiyear atau tahun jamak menggunakan porsi anggaran dari APBD tahun 2022 dan 2023.

Sekretaris DPRD Kota Banjarmasin Iwan Risdianto mengakui tahun ini untuk proyek pembangunan gedung tambahan dewan telah dilelang.

BACA JUGA : Tertunda Cukup Lama, Rencana Pembangunan Gedung Baru DPRD Banjarmasin Segera Digarap

“Tapi proyek ini langsung ditangani Dinas PUPR Kota Banjarmasin. Jadi saya tak tahu persis berapa anggarannya,” ucap Iwan Risdianto kepada jejakrekam.com, Rabu (23/2/2022).

Menurut dia, tahun 2022 memang dilanjutkan persiapan lelang pembangunan gedung tambahan DPRD Kota Banjarmasin.

“Selebihnya hal itu menjadi domain dari Dinas PUPR Kota Banjarmasin. Sebab, pembangunan fisik gedung ditangani dinas teknis,” kata mantan Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin.(jejakrekam)

Pencarian populer:Berapa biaya pembangunan kota baru dengan puluhan gedung bertingkat
Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.