Ramuan Nenek Moyang, Aneka Minyak Dayak Maanyan Dipercaya Berkhasiat

0

RAMUAN warisan nenek moyang suku Dayak di Kalimantan sudah lama dikenal mujarab. Khususnya untuk pengobatan berbagai penyakit hingga kedigjayaan.

SELAMA ini, ada yang mengenal minyak bintang, minyak kukang, minyak bubut dan minyak kuyang yang terbukti keampuhan. Tradisi turun temurun membuat minyak ini juga dilestarikan masyarakat Dayak Maanyan di Desa Warukin, Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong.

Apalagi, hingga kini, para pengguna minyak olahan khas Dayak masih mempercayai khasiatnya. Termasuk, ada kekuatan magis di balik minyak-minyak manjur itu. Kebanyakan minyak ini pun dimuat dalam botol kecil seperti botol parfum.

“Sebenarnya, banyak jenis yang diolah masyarakat Dayak, khususnya Maanyan. Ini merupakan warisan dari nenek moyang kami yang harus tetap dilestarikan,” kata Masanturi, warga Dayak Maanyan asal Desa Warukin, saat ditemui di Festival Budaya Dayak Maanyan, Sabtu (21/2/2022).

BACA : Menggali Ilmu Taguh dalam Tradisi Masyarakat Banjar

Menurut Masanturi, minyak yang dibuat masyarakat Dayak seperti minyak pelindung diri, minyak gendam, minyak aura, minyak sambung maut, dan minyak tambah tenaga (gancang). “Masing-masing minyak ini punya manfaat dan khasiatnya masing-masing,” kata Masanturi.

Dia mencontohkan seperti minyak pelindung diri jika dioleskan kepada tubuh pengguna diyakini mampu kebal terhadap senjata tajam. “Maksud kebal di sini, sabetan senjata tanam tidak terkena kulit. Sebab, senjata tajam itu tidak menyentuh kulit, karena sebelum pembuatan minyak ini terlebih dulu diritualkan,” papar pria yang kini berusia 41 tahun ini.

BACA JUGA : Ini Lima Metode ‘Batambaan’ Pengobatan Tradisional Masyarakat Banjar

Dia menjelaskan khasiat dari minyak penjaga diri adalah benda apapun tidak mengenai tubuh atau kulit dalam jarak satu meter. “Kalau minyak gendam ini dipercaya dapat membungkam musuh yang dioleskan pada senjata. Utamanya, minyak ini digunakan saat perang,” katanya.

BACA JUGA : Nansarunai; Kerajaan Dayak Maanyan yang Merupakan Leluhur Urang Banjar

Masanturi mengatakan minyak bisa diolehkan ditubuh atau senjata seperti mandau, sehingga ketika musuh hendak menembak, maka pistol atau senjatanya tidak meledak. “Sedangkan, minyak aura ini dipercaya dapat meningkatkan charisma seseorang. Khususnya dioleskan pada titik tertentu di bagian tubuh pengguna,” papar Masanturi.

Kebanyakan pembuatan minyak ini pun melewati proses ritual khusus di masyarakat Dayak, meski bahan utama kebanyakan dari minyak kelapa. Termasuk, ramuan khusus lain dari alam.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/02/21/ramuan-nenek-moyang-aneka-minyak-dayak-maanyan-dipercaya-berkhasiat/,Cara membuat Minyak Bintang,cara membuat minyak dayak,minyak kukang dayak,bahan minyak bintang dayak,minyak bintang untuk kekebalan,minyak dayak,minyak kuyang,minyak kuyang asli,Minyak bintang kuyang,minyak bintang,komposisi minyak dayak,Kisah minyak bintang,Kasiat minyak bintang suku dayak,Jenis minyak Dayak,https://jejakrekam com/2022/02/21/ramuan-nenek-moyang-aneka-minyak-dayak-maanyan-dipercaya-berkhasiat/#:~:text=Menurut Masanturi, minyak yang dibuat minyak tambah tenaga (gancang),Cara membuat minyak Kuyang
Penulis Herry Yusminda
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.