Dinas Damkar Segera Dibentuk, Baru Terdata 280 BPK/PMK dari 600 Unit di Banjarmasin

0

SELURUH pengurus Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) dikumpulkan Walikota Ibnu Sina di Aula Kayuh Baimbai, Banjarmasin, Selasa (11/1/2022).

DIALOG hangat pun tersaji dalam pertemuan yang dihadiri Sekretaris Daerah Banjarmasin Ikhsan Budiman dan Wakapolresta Banjarmasin AKBP Pipit Subiyanto, kepala dinas terkait serta perwakilan BPK/PMK se-Banjarmasin.

“Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Banjarmasin akan segera dibentuk. Misinya untuk keselamatan dan mengatasi bencana kebakaran,” kata Ibnu Sina, dalam pertemuan itu.

Ia mengatakan dari komitmen bersama itu disepakati pemberlakuan wilayah zonasi dalam penanganan kebakaran di Banjarmasin.

“Zonasi menggunakan sistem radius jauh lebih efektif. Para damkar yang berada satu atau dua kilometer dari titik kejadian harus segera bergerak dan informasi satu pintu ofisial resmi dari Pemkot Banjarmasin,” tegas Ibnu Sina.

BACA : Segera Terapkan Zonasi, Walikota Ibnu Sina : Belum Perlu Jalur Khusus BPK di Jalan Raya!

Menurut dia, jika dari informasi frekuensi telah menyebutkan api atau musibah kebakaran sudah terkendali, maka unit damkar yang lain tidak perlu meluncur ke lokasi.

Dalam pertemuan itu juga dibahas soal kelayakan armada, sarana prasarana, kompetensi, dan driver (sopir). Ini karena mengemudikan mobil damkar tidak sama dengan mobil umum.

BACA JUGA : 2021 Tercatat 53 Kasus Kebakaran, Pakar Kota ULM : Bukti Banjarmasin Tak Aman dan Layak

“Para driver damkar memiliki pin khusus yang diketahui kelayakan sertifikasi untuk mengemudikan mobil damkar,” kata Ibnu Sina.

Dari pendataan awal, diakui Ibnu Sina seperti tercantum di aplikasi e-damkar.banjarmasin.go.id, hingga kini baru tercatat 280 yang terdaftar.

BACA JUGA : Tabrak Pengguna Jalan, Polresta Banjarmasin Tetapkan Sopir Mobil BPK Gadang Jadi Tersangka

“Sedangkan, anggota damkar yang ada di Banjarmasin mencapai 5.000 anggota. Ini berarti belum separuhnya. Apalagi, dari data damkar di Banjarmasin sebenarnya ada 600 lebih BPK/PMK swakarsa, dengan jumlah anggota mencapai 12.000 lebih. Karenanya, pemerintah kota berharap agar masing-masing BPK/PMK bisa membina anggotanya,” tegas mantan anggota DPRD Kalsel ini.

BACA JUGA : Respon Insiden Tabrakan Damkar di Teluk Dalam, Direktur BLF Desak Pemda Turun Tangan

Di mata Ibnu Sina, keberadaan BPK/PMK di Banjarmasin sangat membantu masyarakat, karena tujuan mulianya itu. “Tujuan mulia untuk membantu warga yang tertimpa musibah kebakaran harus dibarengi dengan mengutamakan keselamatan diri dan orang sekitar,” ucap Ibnu Sina.(jejakrekam)

Penulis Rahim Arza
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.