Digarap Selama 3 Tahun, Ini Wajah Kawasan Religi Sekumpul Martapura ke Depan

0

REVITALISASI kawasan Sekumpul Martapura telah memasuki tahun perdana penggarapannya. Direncanakan secara menyeluruh, kawasan wisata religi andalan Kalimantan Selatan akan dipermak dalam tiga tahun anggaran bersumber dari APBN.

SAAT ini, digelontorkan dana sebesar Rp 30,5 miliar lebih bersumber dari APBN 2021 untuk pembangunan infrastruktur pemukiman Sekumpul Martapura digarap PT Cahaya Sriwijaya Abadi asal Palembang.

Proyek milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupr), juga dibarengi dengan proyek konsultan pengawas senilai Rp 1,19 miliar lebih dimenangkan PT Tema Karya Mandiri asal Palangka Raya. Data ini terekam dalam LPSE Kementerian PUPR.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banjar Dr H Mokhamad Hilman mengungkapkan untuk pembenahan infrastruktur serta penataan kawasan Sekumpul Martapura sepenuhnya merupakan proyek pemerintah pusat.

“Rencana itu dilaksanakan selama tiga tahun oleh Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Wilayah Permukiman Kalsel,” kata Hilman kepada jejakrekam.com, Minggu (12/12/2021).

BACA : Benahi Jalan hingga Bangun Trotoar, Proyek Revitalisasi Sekumpul Ditarget Tuntas 2023

Dia mengungkapkan isu kawasan Sekumpul yang jadi atensi Kementerian PUPR itu mencakup mengatasi banjir dengan membenahi sistem drainase yang kurang baik, membludaknya sampah saat haul Guru Sekumpul (KH Muhammad Zaini Abdul Ghani), meningkatnya kebutuhan air bersih saat haul, dan kebakaran dengan sistem pemadam kebakaran swadaya.

“Untuk penataan kawasan Sekumpul dititikberatkan pada belum tersedianya landmark sebagai kawasan penanda wisata religi, tidak adanya jalur pedestrian yang memadai. Termasuk pula belum ada fasilitas umum dan fasad (wajah) bangunan UMKM yang tidak beraturan serta sistem penerangan kawasan yang belum baik. Ini yang dibenahi pihak Kementerian PUPR,” tutur mantan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Banjar ini.

BACA JUGA : Tahun Depan Kawasan Sekumpul Dipercantik Dilengkapi Museum Peradaban Islam Banjar

Ilustrasi desain gerbang kawasan Sekumpul dari Jalan A Yani Martapura. (Foto Istimewa)

Hilman menguraikan selama tiga tahun penataan kawasan Sekumpul Martapura dibagi dalam tiga segmen. Yakni, segmen 1 dari Jalan A Yani hingga Jembatan Irigasi, dilanjutkan segmen 2 dari jemabtan Irigasi hingga depan Kubah Sekumpul. “Terakhir segmen 3 dari depan Kubah Sekumpul sampai simpang tiga Sekumpul akses ke Banjarbaru,” kata Hilman.

Doktor hukum konstruksi Unissula Semarang ini mengatakan untuk pendanaan sepenuhnya dianggarkan dalam APBN melalui anggaran Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

BACA JUGA : Kawasan Sekumpul Dipadati Jutaan Orang

Masih menurut Hilman, untuk rencana penanganan tahun anggaran 2021 mencakup pembangunan gerbang kawasan 1 penanda skala kota, gerbang kawasan 2 (pembangunan gebang inti kawasan).

Berikutnya, kata Hilman, koridor Sekumpul mencakup penataan jalur drainase dan pedestrian, gardu multifungsi untuk pusat informasi dan sumber air bersih, pembangunan jembatan pendestrian penghubung segmen 1 dan segmen 2 dan ruang terbuka hijau (RTH) koridor irigasi untuk penataan sebagai jalur hijau dan ruang publik dan terakhir kolam retensi untuk pengendali banjir dan ruang publik.

BACA JUGA : Anggota Komisi V DPR RI Susun Rencana Untuk Penataan Dan Perbaikan Kawasan Sekumpul

“Dari perencanaan yang digarap Kementerian PUPR melalui Dirjen Cipta Karya akan didapat wajah kawasan Sekumpul yang jauh lebih baik dan tertata lagi. Ya, memang butuh waktu tiga tahun sejak 2021, berlanjut 2022 dan berakhir pada 2023 nanti dari tiga segmen yang dikerjakan,” pungkas Hilman.(jejakrekam)  

Pencarian populer:martapura,Wajah kawasan wisata religi sekumpul kota martapura kalsel indonesia,Wajah kota martapura kini berubah drastis di,Wajah sekarang wisata religi sekumpul kota martapura kalsel,Wajah kawasan religi sekumpul kota martapura ke depan di kalsel,Wajah jalan kota martapura sekarang mengagumkan di kalsel indonesia,Kota martapura kota yg kini mulai maju sarana dan prasarana nya di segi infrastruktur pembangunan nya,Wajah kota martapura sekarang di kalsel,Wajah religi sekumpul kota martapura kini di kalsel,Wajah Kota martapura kalsel sekarang,Religi sekumpul Martapura kota religi di indonesia,Pelebaran jembatan irigasi sekumpul kota martapura Di lebar kan kawasan wirata relegi,Kubah sekumpul yg baru,Kota martapura mantap segi infrastruktur pembangunan saat ini di dalam kota intan martapura,Kota martapura kota wisata religi kawasan kalimantan,Kota Martapura kalsel kota religi sekarang,Jalan raya kota martapura kalsel
Penulis Didi GS
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.