Benahi Jalan hingga Bangun Trotoar, Proyek Revitalisasi Sekumpul Ditarget Tuntas 2023

0

PROYEK revitalisasi kawasan religi Sekumpul Martapura dipastikan tak sekadar rencana. Kabar terbarunya, peletakan batu pertama dari program Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) RI ini bakal dilangsungkan pada akhir Mei 2021 mendatang.

ANGGOTA DPR RI Muhammad Rifqinizamy Karsyayudha, mengatakan bahwa pemenang tender dari proyek ini sudah menandatangani kontrak.

“Kemudian kemarin kita melukan ekspose dengan Pemkab Banjar, bersama kawan-kawan Dirjen Cipta Karya,” ujar Rifqi saat ditemui, Minggu (25/4/2021).

Rifqi bilang, secara umum nantinya proyek revitalisasi bakal dibagi menjadi tiga tahap. Segmen pertama, misalnya, pemerintah bakal membangun gerbang Sekumpul di sekitar Jalan Ahmad Yani, memperluas jalan, menata drainase, dan trotoar hingga ke irigasi Martapura.

BACA JUGA: Pembaruan Religiusitas oleh Abah Guru Sekumpul

Pada pembangunan tahap awal ini, kata Rifqi, akses alternatif menuju kawasan Sekumpul juga bakal terus dibenahi sehingga menjadi jalan permanen.

“Tahap pertama anggarannya tidak besar, sekitar Rp 40 Miliar, nanti yang besar segmen dua dan tiga,” kata politisi PDIP ini.

“Nanti (anggaran) yang besar itu, segmen dua dan tiga, lanjutan (pembangunan) dari jembatan irigasi hingga ke ujung jalan Sekumpul, termasuk perbaikan fasilitas UMKM di sekitar kawasan Sekumpul,” tambahnya.

BACA JUGA: Jalan Martapura Lama, Akses Menuju Sekumpul Dipadati Kendaraan

Secara keseluruhan pembangunan revitalisasi kawasan Sekumpul, pemerintah pusat menganggarkan lebih dari Rp 200 Miliar. Rencananya pembangunan revitalisasi kawasan Sekumpul akan tuntas pada 2023 mendatang.

Rifqy menjelaskan kawasan Sekumpul berpotensi menjadi destinasi wisata religi skala nasional. Itu karena banyak dikunjungi peziarah, terutama saat peringatan Haul Guru Sekumpul.

“Saya pesan sama balai permukiman wilayah cipta karya, bahannya harus premium, karena ini tempat wisata religius,” tutupnya. (jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.