Cukup 6 Menit SKCK Selesai, Ditintelkam Polda Kalsel Luncurkan Pelayanan Online Unggulan

0

DIREKTORAT Intelijen dan Keamanan (Ditintelkam) Polda Kalsel meluncurkan sekaligus menyosialisasikan pelayanan online di Hotel Rattan Inn, Jalan A Yani Km 6, Banjarmasin, Senin (29/11/2021).

PELAYANAN berbasis digital ini merupakan program prioritas Kapolri Listyo Sigit Prabowo dalam peningkatan pelayanan publik dari institusi kepolisian.

Memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi, Ditintelkam Polda Kalsel menyediakan layanan online untuk mempermudah masyarakat dalam pengajuan pelayanan perizinan, seperti izin kegiatan masyarakat, penerbitan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), izin penggunaan bahan peledak dan senjata api.

Dengan layanan daring ini, masyarakat tidak perlu lagi mengantre di depan loket, cukup mengakses melalui ponsel atau gawai dari aplikasi yang telah disediakan Ditintelkam Polda Kalsel.

BACA : Mudahkan Masyarakat, Polres Balangan Luncurkan SKCK Keliling

Program unggulan Ditintelkam Polda Kalsel antara lain pelayanan SKCK keliling komunitas yang menyasar para komunitas atau mahasiswa untuk dibuatkan SKCK secara bersamaan. Dengan mobil keliling, dalam satu kelompok dilayani secara kolektif sehingga pelayanan menjadi mudah, aman dan nyaman serta menjawab tantangan new normal di masa pandemi Covid- 19.

Hanya kurang lebih enam menit setelah menunjukkan KTP dan menyerahkan fotokopi dokumen persyaratan SKCK pun selesai dibuat.

Ketua DPRD Provinsi Kalsel, H Supian HK mencoba untuk menikmati layanan di Mobil SKCK Keliling Ditintelkam Polda Kalsel. Ternyata, benar begitu selesai diproses, langsung dicetak oleh personel Seksi Pelayanan Administrasi (Yanmin) Ditintelkam Polda Kalsel. 

Pelayanan dengan waktu singkat ini dimungkinkan karena telah adanya layanan SKCK Online Polri yang terintegrasi di Mobil SKCK Keliling Ditintelkam Polda Kalsel secara digital. 

BACA JUGA : Urus SKCK ke Ditintelkam Polda Kalsel, Paman Birin Puji Kinerja Layanan Kepolisian Cepat

Dalam kesempatan ini, sosialisasi Pelayanan Online Ditintelkam Polda Kalsel disaksikan sejumlah stakeholder termasuk termasuk para siswa-siswi SMK di Banjarmasin. 

Direktur Intelkam Polda Kalsel Kombes Pol Nur Romdhoni melalui Wakil Direktur, AKBP Bagus Suseno mengatakan, selain SKCK Keliling, ada dua program unggulan lainnya dalam layanan yang diluncurkan kali ini. Yakni, SKCK Delivery dan SKCK Keliling Komunitas. 

“Dengan layanan ini, kelompok atau komunitas masyarakat maupun mahasiswa yang sama-sama membutuhkan pelayanan pembuatan SKCK dapat dilayani secara kolektif dan jemput bola,” ucap Bagus Suseno.

Ketua DPRD Kalsel H Supian HK meresmikan pengoperasian mobil SKCK Keliling Komunitas Ditintelkam Polda Kalsel, Senin (29/11/2021). (Foto Iman Satria)

Begitu pula, menurut dia, dengan layanan SKCK Delivery jelas sasarannya adalah mengurangi konsumsi waktu masyarakat untuk datang dan mengantre di loket pelayanan di Kantor Ditintelkam Polda Kalsel. 

“Program unggulan ini merupakan wujud pelayanan publik yang cepat dan terukur berbasis teknologi informasi guna mempermudah masyarakat dalam membuat SKCK tanpa harus datang langsung ke kantor,” ucap Bagus. 

Inovasi yang dilakukan Ditintelkam Polda Kalsel mendapat apresiasi dari H Supian HK. Ketua DPRD Kalsel dari Fraksi Golkar ini memberi penghargaan kepada Kapolda Kalsel, terkhusus pimpinan dan sejumlah personel Ditintelkam Polda Kalsel. 

BACA JUGA : Tahun Depan, Warna Pelat Kendaraan Motor Berubah dari Hitam Jadi Putih

Secara simbolis H Supian HK menyerahkan penghargaan kepada Direktur Intelkam Polda Kalsel, Kombes Pol Nur Romdhoni, Wadir Intelkam AKBP Bagus Suseno dan Kasi Yanmin Dit Intelkam, Kompol Teguh Siswoyo. 

Selain itu, Ps Pamin 2 Seksi Yanmin Aipda Didik Darsono, Pamin III Subbag Renmin Bripka Oky Chandra, Ba Unit III Subdit Kamneg Bripka Anom Sutrisno, Bamin Si Yanmin Brigadir Roni Taufani dan Bripda Rizali juga turut menerima penghargaan dari DPRD Provinsi Kalsel. 

BACA JUGA : Tim Gabungan Gelar Razia Truk Kelebihan Muatan di Trikora, Lima Sopir Ditilang

“Pelayanan cepat ini sangat dibutuhkan untuk akses layanan apalagi SKCK sangat diperlukan dan sering diminta sebagai syarat penunjang lamaran pekerjaan, melanjutkan pendidikan dan yang lainnya, kinerja keras dan inovasi yang dilakukan ini patut diapresiasi dengan penghargaan,” papar Supian.

Sekretaris DPD Partai Golkar Kalsel menjanjikan akan mengupayakan anggaran dalam APBD Perubahan Kalsel Tahun 2022 untuk pengadaan mobil yang akan dipinjam pakai kepada Polri. Hal ini untuk menambah armada Mobil SKCK Keliling di Kalsel agar pelayanan ini bisa dirasakan warga banua di daerah-daerah terpencil.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.